Babak I: Penalti Brady Bikin Prancis dalam Bahaya

Minggu, 26 Juni 2016 - 20:58 WIB
Babak I: Penalti Brady Bikin Prancis dalam Bahaya
Babak I: Penalti Brady Bikin Prancis dalam Bahaya
A A A
LYON - Prancis tertinggal 0-1 pada babak pertama babak 16 besar Piala Eropa 2016 kontra Republik Irlandia. Tampil di Stade des Lumieres, Lyon, Minggu (26/6/2016), tuan rumah dikejutkan oleh serangan cepat Pasukan Martin O'Neill.

Irlandia melakukan serangan cepat yang dimotori Daryl Murphy, Stephen Ward, dan Shane Long. Tusukan Long ke jantung pertahanan Prancis berbuah penalti saat laga berjalan dua menit. Paul Pogba mengganjal Long di kotak penalti yang membuat wasit asal Italia Nicola Rizzoli menunjuk titik putih.

Robert 'Robbie' Brady yang menjadi penentu kemenangan Irlandia saat melawan Italia di fase Grup E, menjadi algojo untuk penalti tersebut. Dengan dingin pemain Norwich City berusia 24 tahun itu melepaskan tembakan keras ke kiri bawah gawang Prancis dan mengecoh kiper Hugo Lloris yang bergerak ke arah sebaliknya. Bola sempat membentur tiang namun berbelok ke dalam. Sejauh ini Prancis dua kali kebobolan di Piala Eropa 2016, dan keduanya berasal dari ititk penalti.

Tertinggal satu gol Prancis coba menekan. Namun upaya Antoine Griezmann dkk selalu mentah. Sundulan Olivier Giroud pada menitke-13 melebar. Lalu menit ke-19, sundulan Antoine Griezmann berhasil diamankan kiper Irlandia Darren Randolph yang bermain gemilang. Sejumlah peluang juga gagal dimanfaatkan menjadi gol hingga babak pertama usai.

Sedikitnya, ada empat tembakan tepat sasaran yang dilancarkan Prancis, namun tidak berbuah gol. Kiper Randolph terlalu sulit untuk ditaklukkan. Statistik Livescore juga mencatat Pasukan Didier Deschamps menguasai permainan hingga 55% berbanding 45% milik Irlandia.

Tapi, Irlandia efektif menyerang, dari dua tembakan tepat sasaran satu berbuah gol. Irlandia melepaskan temabkan melebar sekali sedangkan Prancis dua kali. Prancis menciptakan tiga sepak pojok sedangkan Irlandia hanya sekali.

Susunan Pemain:

Prancis (4-3-3): Hugo Lloris; Adil Rami, Bacary Sagna, Patrice Evra, Laurent Koscielny; Blaise Matuidi, Paul Pogba, N'Golo Kante; Antoine Griezmann, Olivier Giroud, Dimitri Payet
Pelatih: Didier Deschamps

Republik Irlandia (4-4-1-1): Darren Randolph; Stephen Ward, Shane Duffy, Richard Keogh, Seamus Coleman; James McCarthy, Robert Brady, James McClean, Jeff Hendrick; Daryl Murphy, Shane Long
Pelatih: Martin O'Neill
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5276 seconds (0.1#10.140)