Sejarah 25 Tahun Tim Balap Aspar MotoGP

Rabu, 06 Juli 2016 - 18:00 WIB
Sejarah 25 Tahun Tim Balap Aspar MotoGP
Sejarah 25 Tahun Tim Balap Aspar MotoGP
A A A
BARCELONA - Musim balap 2016 mendai 25 tahun perjalanan tim balap Aspar (Aspar Racing Team) di pentas grand prix sepeda motor. Sejak didirikan pada 1992, tim yang berbasis di Spanyol telah menorehkan banyak cerita.

Kisah berdirinya Aspar Racing Team bermula ketika Pembalap Spanyol, Jorge Martinez mendirikan sendiri tim balap untuk tampil di ajang grand prix sepeda motor. Nama Aspar merupakan julukan yang disematkan pada Martinez selama menjadi joki si kuda besi pada 1982-1997.

"Aspar lahir ketika saya masih aktif mengikuti balapan. Dengan pemikiran saya ingin tetap berada di dunia balap motor, tetapi usia dan kemampuan saya tidak bisa selalu membuat saya menjadi pembalap," kata Martinez, dikutip MotoGP.

"Saya berada di dunia yang membuat saya kecanduan balapan. Setelah pensiun sebagai pembalap, saya ingin tetap dekat dengan dunia ini sehingga saya membuat Aspar Racing Team," lanjut Martinez yang telah memenangkan empat gelar juara dunia.

Sebelum akhirnya berkerja-sama dengan Ducati, Aspar mempercayai Honda sebagai dapur pacu motor mereka. Musim lalu, dua pembalap utama di tim adalah Hiroshi Aoyama dan Nicky Hayden.

Saat ini Aspar menjalin kerjasama dengan Ducati. Adapun dua pembalap mereka; Eugene Laverty dan Yonny Hernandez berhasil tampil kompetitif sejauh musim 2016. (Baca juga: Larangan Winglet Tak Pengaruhi Kecepatan Lorenzo)
Sejarah 25 Tahun Tim Balap Aspar MotoGP
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5244 seconds (0.1#10.140)
pixels