Wasit Kontroversial Inggris Catat Sejarah Pimpin Final Piala Eropa 2016

Jum'at, 08 Juli 2016 - 15:52 WIB
Wasit Kontroversial Inggris Catat Sejarah Pimpin Final Piala Eropa 2016
Wasit Kontroversial Inggris Catat Sejarah Pimpin Final Piala Eropa 2016
A A A
PARIS - Mark Clattenburg ditunjuk UEFA sebagai pemimpin laga final Piala Eropa 2016 yang pertemukan Portugal vs Prancis, Senin (11/7/2016) dini hari WIB. Ini adalah partai final ketiga di tahun 2016 yang bakal dipimpin wasit kontroversial asal Inggris.

Seperti dikutip The Guardian, Jumat (8/7/2016), Clattenburg sebelumnya sudah memimpin partai final Liga Champions, 28 Mei lalu. Seminggu sebelumnya, wasit berusia 41 tahun juga memimpin partai final Piala FA antara Manchester United vs Crystal Palace.

Di gelaran Piala Eropa sendiri, Clattenburg sudah memimpin tiga pertandingan yang pertemukan Belgia vs Italia, Republik Ceko vs Kroasia, dan Swiss vs Polandia. Namun sejak babak 16 besar, ia diistirahatkan UEFA untuk disiapkan sebagai kandidat wasit laga final.

Clattenburg akan dibantu empat orang dalam memimpin laga di Stade de France nanti. Simon Beck, Jake Collin, Andre Marriner dan Anthony Taylor bakal mendampinginya di sisi lapangan permainan.

Penunjukkan Clattenburg juga bersejarah untuk Inggris. Ia jadi wasit ketiga Negeri Ratu Elizabeth yang berkesempatan memimpin final Piala Eropa setelah Arthur Ellis tahun 1960 serta Arthur Holland empat tahun berselang.

Clattenburg merupakan wasit kontroversial di Inggris. Beberapa pertandingan genting yang ia pimpin tak jarang berakhir penuh perdebatan.

Yang paling diingat adalah ketika ia dituntut Chelsea karena dianggap mengeluarkan kata berbau rasisme kepada John Obi Mikel, dalam pertandingan melawan Manchester United. Selain itu, gol kemenangan 3-2 The Red Devils, yang dalam tayangan ulang sudah dalam posisi offside, disahkan pria kelahiran County Durham.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5140 seconds (0.1#10.140)