Sean Pede Naik Podium di Sirkuit SPA Franchorchamps

Jum'at, 26 Agustus 2016 - 10:52 WIB
Sean Pede Naik Podium di Sirkuit SPA Franchorchamps
Sean Pede Naik Podium di Sirkuit SPA Franchorchamps
A A A
SPA - Pembalap Indonesia Sean Gelael dan rekannya Mitch Evans di Tim Pertamina Campos Racing siap beraksi di Sirkuit SPA Franchorchamps, Begia, pada akhir pekan ini. Istirahat hampir tiga pekan tidak menyurutkan keduanya tetap berambisi memanaskan persaingan di lintasan balap sepanjang 7,004 kilometer itu.

Bagi Sean dan Evans, Sirkuit SPA bukan tempat yang asing. Sean cukup berpengalaman tampil di SPA sejak dia berlaga di F3 Eropa dan F3 Inggris di musim 2014. Pada tahun itu, Sean tiga kali naik podium saat tampil pada F3 Inggris di sirkuit legendaris ini.

Sean yang saat itu masih berusia 17 tahun finis di posisi kedua di race pertama, finis ketiga di race kedua dan finis kedua di race ketiga. Pada tahun 2015, Sean juga dua kali balapan di sirkuit ini. Selain berlaga di ajang balap World Series Renault 3.5, pembalap yang gemar musik hip-hop ini juga menjajal sirkuit ini di ajang GP2 bersama tim Carlin.

Meski tidak masuk dalam posisi 10 besar, Sean cukup menikmati balapan di SPA. Sementara Evans, pada tahun 2015 yang membalap bersama tim Russian Times, finis di posisi kedua pada balapan feature. Adapun tim Campos Racing yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia juga menempatkan pembalapnya Arthur Pic di podium ketiga pada balapan sprint. Artinya sirkuit SPA sudah cukup akrab bagi para pebalap dan tim Campos Racing.

"Pada balapan terakhir di Hockenheim Jerman, kami sedikit kecewa karena hasil yang tidak memuaskan dengan setingan mobil yang belum pas. Akan tetapi, saya yakin pada balapan di SPA kami bisa meraih hasil yang lebih bagus. SPA tempat yang sangat spesial dan kami sangat menyukai karakter sirkuit ini," kata Sean.

Sirkuit SPA dikenal sebagai sirkuit klasik. Sirkuit ini berkarakter cepat dengan tantangan 19 tikungan. Beberapa titik yang menjadi perhatian pebalap di antaranya trek lurus Kemmel yang memungkinkan bagi pembalap untuk saling menyalip. Ada juga tikungan kurva yang panjang dan cepat yakni dikenal dengan sebutan Blanchimont.

Akan tetapi, para pembalap juga diuji dengan pengereman berat dan kecepatan yang sangat rendah saat memasuki tikungan terakhir menjelang start dan finis. Sangking lambannya, tikungan ini dinamakan Stop Bus Chicane. Tempat yang legendaris di sirkuit SPA tentu saja tikungan cepat Eau Rouge. Di titik ini, para pembalap bisa memacu mobil dengan kecepatan 300 kilometer. Di awali dengan turunan tajam, kemampuan pembalap kemudian diuji dengan tikungan cepat ke kiri dan ke kanan sebelum memasuki tanjakan.

Para pembalap hanya bisa melihat langit dan pucuk pohon pinus sebelum mencapai tikungan berikutnya. Untuk balapan GP2, dengan karakter sirkuitnya SPA tercatat sebagai sirkuit tercepat kedua setelah Baku City. Di sirkuit SPA para pebalap dalam setiap putaran rata-rata bisa menggeber mobil dalam kecepatan antara 217km / jam sampai 305km/jam. Namun, ini hanya bisa dilakukan jika balapan berlangsung dalam cuaca yang cerah dan lintasan yang kering.

Situasi yang terjadi di SPA karena sirkuit ini berada di dataran tinggi, selain cuaca cerah, tak jarang mendung dan angin kencang dengan hujan datang. Bahkan, kadang-kadang terjadi kondisi ekstrem dimana hampir di setiap sudut sirkuit diselimuti kabut.

Dari sisi persiapan, Sean dan Evans sudah menjalani tes simulator di markas Campos Racing di Valencia Spanyol pada hari Selasa. Keduanya juga berlatih fisik secara rutin jelang balapan. Sementara tim Campos sudah bekerja keras selama tiga pekan untuk mendapatkan setingan mobil yang pas.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9993 seconds (0.1#10.140)