Tour de Linggarjati 2016 Berskala Internasional Siap Digelar

Rabu, 14 September 2016 - 00:01 WIB
Tour de Linggarjati 2016 Berskala Internasional Siap Digelar
Tour de Linggarjati 2016 Berskala Internasional Siap Digelar
A A A
JAKARTA - Ajang balap sepeda Tour de Linggarjati (TdL) siap digelar pada 28-30 Oktober 2016 mendatang. TdL tahun ini akan melewati dengan trek sepanjang 245 km melewati 20 kecamatan dan sekitar 180 desa di Kabupaten Kuningan. Acara berskala internasional ini akan digelar untuk kedua kalinya Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Kepala Pusat Perkembangan Ilmu Teknologi dan Kesehatan Olahraga Nasional (PP-ITKON) Kempora, Edi Nurinda Susila menilai TdL 2016 telah diakui oleh Union Cycling Internationale (UCI) dan PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI). Hal itu menjadi alasan event TdL menjadi skala internasional.

"Berbagai tour balap sepeda di Tanah Air diharap akan menjadi wahana untuk memacu prestasi atlet sepeda Indonesia ke ajang dunia. Dengan semakin banyak kompetisi, sangat bagus guna melatih daya juang pesepeda nasional. Kami melihat Tour de Linggarjati 2016 ini akan perbanyak event olahraga sehingga event ini jadi daya pacu peningkatan prestasi. Seperti halnya bulu tangkis yang banyak event superseries-nya," kata Edi di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (13/9) kemarin.

Menurut Direktur Sport and Medicine Satlak Prima itu, lomba balap sepeda ini juga bisa sebagai ajang pelatihan ke arah Olimpiade 2020 dan Asian Games 2018. Diakui Olimpiade 2016 kemarin atlet sepeda Indonesia hanya meloloskan 1 atlet dari nomor BMX dan ini perlu dikembangkan lagi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan para peserta TdL terdiri dari 20 tim yakni 10 tim nasional dan internasional dari Singapura, Vietnam, Malaysia dan Australia. Kempar memasukannya ajang ini ke dalam event nasional dan Tour de Linggarjati jadi ajang balap sepeda bertema sport tourism yang keempat di Indonesia.

"Tour de Linggarjati adalah international sport event, khususnya untuk cycling race keempat di Indonesia. Berdasarkan waktu penyelenggaraan, pertama adalah Tour de Singkarak, Tour de Ijen, Tour de Flores, dan selanjutnya Tour de Linggarjati. Event ini media value-nya bagus," ucap Arief.

Bupati Kabupaten Kuningan, Acep Purnama mengatakan beberapa trek sepeda yang akan dilalui adalah di tempat-tempat wisata.Pihaknya berharap melalui kegiatan ini akan semakin mengenalkan kawasan Kuningan kepada daerah lain di tingkat nasional dan internasional. Serta untuk menarik kunjungan wisatawan.

"Pelaksanaan TdL 2016 akan mengambil start dari Gedung Naskah Perundingan Linggarjati, Kuningan. Nanti jalannya melewati Waduk Darma, jadi di kanan dan kiri pembalap adalah waduk. Dalam TdL, para atlet balap sepeda akan memperebutkan titel juara dengan total hadiah sebesar Rp 500 juta. TdL 2016 melombakan tiga kelas yakni Individual Time Trial (ITT), Road Race/Circuit Race dan Criterium untuk elite (senior), junior, dan youth (pemula)," tutup dia.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5698 seconds (0.1#10.140)
pixels