Ini Alasan Riedl Cuma Masukan Satu Nama Pemain Naturalisasi: Stefano Lilipaly

Senin, 24 Oktober 2016 - 20:01 WIB
Ini Alasan Riedl Cuma Masukan Satu Nama Pemain Naturalisasi: Stefano Lilipaly
Ini Alasan Riedl Cuma Masukan Satu Nama Pemain Naturalisasi: Stefano Lilipaly
A A A
SLEMAN - Pelatih timnas Indonesia Alfred Riedl mengungkapkan alasannya hanya memasukkan satu pemain naturalisasi dalam 40 nama yang didaftarkan ke Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF). Selain pernah dikecewakan, visi dan misi Riedl untuk Piala AFF 2016 memberi kesempatan pemain muda tampil.

Riedl mendaftarkan gelandang klub Eerste Divisie (Divisi II Liga Belanda) SC Telstar Stefano Lilipaly. Pemain kelahiran Arnhem, Belanda, 10 Januari 1990, itu satu-satunya pemain naturalisasi yang disiapkan ke Piala AFF 2016 yang digelar di Filipina dan Myanmar pada 19 November-17 Desember 2016. Lilipaly diharapkan bergabung dengan timnas pada 6 November, saat Indonesia melakukan uji coba kandang kedua melawan Vietnam.

Sejauh ini, Indonesia memiliki sejumlah pemain naturalisasi, antara lain striker Arema Cronus Cristian Gonzales dan Raphael Maitimo, Kim Jeffrey Kurniawan (Persib Bandung), bek Diego Michiels (Pusamania Borneo FC), Victor Igbonefo (Siam Navy), Greg Nwokolo (Persipura), dan Tonnie Cusell.

Rield menjelaskan perihal kebijakannya hanya memanggil satu pemain naturalisasi. Sejak awal Riedl berhasrat membangun skuat dengan materi pemain muda. "Dari awal karena janji pilih pemain muda, dan beberapa pemain naturalisasi sudah pernah membuat kami kecewa," ujar Riedl. "Selain itu, beberapa pemain naturalisasi lainnya usianya sudah tak lagi muda."

Riedl mengaku sudah punya gambaran tim yang akan dia andalkan di Piala AFF 2016. "Sudah ada gambaran (nama-nama yang masuk tim inti nantinya). Mungkin 2-3 posisi masih dipikirkan dan masih tanda tanya. Tapi, posisi yang lain sudah ada gambaran," kata Riedl yang mengaku hanya akan mengambil empat pemain inti di posisi lini tengah. (Baca juga: Alfred Riedl Daftarkan 40 Pemain untuk Piala AFF 2016).

"Tapi, masih ada waktu tiga pekan. Situasi masih dapat berubah, bisa lantaran cedera pemain, sakit, atau masalah disiplin. Saya tidak berharap itu terjadi, sebab sampai dengan sekarang disiplin sangat bagus, masih ada waktu," urainya.

Mengenai performa Dedi Kusnandar yang baru saja bergabung dan mengikuti pemusatan latihan di Maguwoharjo International Stadium (MIS), Senin (24/10/2016), Riedl menjelaskan, kemampuan pemain yang membela tim Sabah FA itu terbilang oke, fresh, dan level masih sama seperti seleksi awal.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6959 seconds (0.1#10.140)