Kim Jeffry Bawa Persib Imbangi 10 Pemain PSM

Sabtu, 29 Oktober 2016 - 22:07 WIB
Kim Jeffry Bawa Persib Imbangi 10 Pemain PSM
Kim Jeffry Bawa Persib Imbangi 10 Pemain PSM
A A A
MAKASSAR - Persib Bandung memperbaiki rekor tandang Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016. Dijamu PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Maung Bandung membawa pulang satu poin setelah setelah bermain imbang 2-2, Sabtu (29/10/2016).

PSM unggul lebih dulu lewat penyerang Titus Bonai pada menit kedelapan dan digandakan Ronald Hikspoors pada menit ke 65. Sedangkan gol Persib dicetak penyerang sayap Febri Hariadi pada menit ke-18 dan aksi heroik Kim Jeffry Kurniawan menit (90+2).

Sejak menit awal kedua tim bermain menyerang. Peluang pertama tercipta di menit ketiga melalui kaki Rahmat yang melepaskan crossing dan mengenai pemain bertahan Persib hingga bola berbelok. Beruntung kiper Persib masih bisa menepis bola yang sudah mengarah ke gawangnya.

Titus Bonai berhasil mengubah skor pada menit kedelapan setelah memanfaatkan umpan Willem Jan Pluim dari tengah lapangan. Tibo yang berhasil meraih umpan lambung, berhasil memerdaya pemain belakang dan kiper sebelum menceploskan bola ke gawang.

Unggul satu gol membuat PSM kian percaya diri, hasilnya mereka berhasil menciptakan peluang melalui kaki M Rahmat menit ke-16 yang nyaris menggandakan keunggulan, setelah mendapat umpan dari Tibo. Namun, sepakan voli Rahmat masih melambung di atas tiang.

Alih-alih menambah gol, PSM justru kebobolan pada menit ke-18. Febri Hariadi lolos dari kawalan pemain belakang PSM. Mendapat ruang pemain sayap ini langsung menendang bola yang gagal dijangkau oleh penjaga gawang Syaiful.

Pada menit ke-32, Pluim nyaris mengubah skor, setelah melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti, namun, sepakan kaki kiri pemain asal Belanda ini masih di tepis penjaga gawang.

Persib Bandung yang melakukan serangan balik, nyaris mengubah skor melalui aksi Syamsul Arif. Pemain bernomor punggung 9 ini berhasil menusuk ke sektor kanan pertahanan PSM dan menendang bola, beruntung tendangannya masih membentur tiang gawang. Hingga jeda skor imbang 1-1 bertahan.

Memasuki babak kedua, PSM melakukan perubahan di sektor pertahanan, dengan Hendra Wijaya dan menarik Wasiyat, karena pemain sayap Persib cukup merepotkan pertahanan. Pelatih PSM melakukan pergantian kedua di menit ke-60, yakni memasukkan Ridwan Tawainella dan menarik keluar M Rahmat.

Menit ke-65, Ronald berhasil membawa PSM unggul dengan memanfaatkan kemelut di depan gawang Persib, setelah Tibo melakukan umpan silang. Bola yang mental berhasil diheading oleh Ronald hingga skor berubah menjadi 2-1. Gol ini pun diprotes pemain Persib karena mereka menganggap, kiper mereka diganggu.

PSM harus bermain 10 pemain setelah Zulvin Zamrun mendapat kartu kuning keduanya saat melanggar Febri. Kondisi tersebut, membuat tim kepelatihan menarik keluar Syamsul Haeruddin dan memasukkan Reva Adi Utama pemain bertahan di posisi sayap kiri.

Unggul pemain Persib langsung melancarkan serangan, sementara tim Juku Eja lebih fokus bertahan, dan hanya mengandalkan serangan balik. Untuk menambah daya gedor, Persib memasukkan Atep dan mengganti Syamsul arif di menit ke 86, kemudian memasukkan Rahmat Hidayat dan menarik Keluar Marcos Abel.

Hasilnya Persib Bandung berhasil menyamakan kedudukan melalui kaki Kim Jefry di menit ke 90+2 setelah memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan gawang PSM, saat mendapat tendangan bebas. Hingga peluit panjang kedua tim hanya bermain imbang.

Susunan Pemain
PSM Makassar (4-4-2): Syaiful (GK), Kwon Jun, Ronald Hikspoors, Wasiat Hasbullah, Zulvin Zamrun, Ardan Aras (C), Rasyid Bakri, Syamsul Haeruddin, Willem Jan Pluim, M Rahmat, Titus Bonai
Cadangan: Deny Marcel (GK), Hendra Wijaya, Ivan Wahyudi, Reva Adi Utama, Ridwan Tawainella, Andri Faisal Amru, Muchlis Hadi Ning
Pelatih: Robert Rene Alberts

Persib Bandung (4-2-3-1): M Natshir Fadhil (GK), Diogo Alexandre, Jajang Sukmara, Tony Sucipto, Vladimir Vujovic, Ferbri Hariyadi, Hariono (C), Kim Jeffry, Marcos Abel, Syamsul Arif, Serginho Van Dijk
Cadangan: Muhammad Ridwan (GK), Dias Angga Putra, Atep, David Laly, Rachmad Hidayat, Taufiq, Tantan
Pelatih: Djadjang Nurdjaman
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3652 seconds (0.1#10.140)