Persib Tanpa Hariono? Ini Skema Alternatif Djadjang

Selasa, 01 November 2016 - 20:17 WIB
Persib Tanpa Hariono? Ini Skema Alternatif Djadjang
Persib Tanpa Hariono? Ini Skema Alternatif Djadjang
A A A
BANDUNG - Pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman tak cemas kehilangan gelandang bertahan andalannya, Hariono, jelang laga kontra Persija Jakarta pada pekan ke-27 Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016. Pelatih asal Majalengka itu sudah mengantisipasi kemungkinan itu jauh-jauh hari sebelumnya.

Maung Bandung tak bisa diperkuat wakil kaptennya tersebut dalam 'El Clasico' versus Persija di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (5/11/2016) karena akumulasi kartu kuning. Pemain asal Sidoarjo itu menerima kartu kuning kelimanya saat membawa Persib bermain imbang 2-2 melawan PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sabtu (29/10/2016). (Baca juga: Wakil kapten Persib Menyesal Absen di El Clasico).

Diakui, kehilangan Hariono menjadi kerugian besar bagi Persib. Apalagi Hariono nyaris tak tersentuh rotasi Djadjang. Namun, Djadjang mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan skema alternatif saat Hariono absen. "Kami pasti siapkan skema lain tanpa Hariono. Sebenarnya, sebelum melawan PSM, kami sudah mulai merancang kemungkinan itu," ujar Djadjang seperti dilansir laman resmi klub (persib.co.id), Selasa (1/11/2016).

Menurut Djadjang ada beberapa kemungkinan pola yang bisa dia terapkan saat melawan Persija. Pelatih berusai 52 tahun itu kerap menggunakan formasi 4-2-3-1, dengan menempatkan Hariono berduet dengan Kim Jeffrey Kurniawan sebagai gelandang bertahan.

Djadjang juga pernah menerapkan pola 4-3-3 dengan tiga gelandang ditempati Kim Jeffry, Hariono, dan Robertino Pugliara. Melawan Persija, gelandang muda Taufiq kemungkinan akan mendapat kepercayaan Djadjang menggantikan posisi Hariono.

Djadjang percaya, pemain yang tersedia di skuatnya mampu mengatasi absennya pemain andalan. Dia juga yakin skuatnya mampu mempertahankan performa serta mentalitas seperti yang dipertontonkan saat dijamu PSM. "Kami tetap bermain terbuka dan mencari kemenangan. Melawan Persija, kami melayani jual beli serangan seperti melawan PSM," kata pria yang akrab disapa Djanur itu.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1762 seconds (0.1#10.140)
pixels