Taklukkan Persiba, Kado Istimewa PSM Makassar

Sabtu, 05 November 2016 - 19:16 WIB
Taklukkan Persiba, Kado Istimewa PSM Makassar
Taklukkan Persiba, Kado Istimewa PSM Makassar
A A A
BALIKPAPAN - PSM Makassar mendapat kado istimewa di ulang tahun ke-101 yang jatuh 2 November lalu. Bertandang ke markas Persiba Balikpapan, Juku Eja menang 2-0 pada pekan ke-27 Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016, Sabtu (5/11/2016).

Dua gol kemenangan PSM diciptakan Titus Bonai menit ke-35 dan M Rahmat (59). Hasil ini membawa skuat Robert Alberts ke peringkat sembilan klasemen sementara ISC A 2016 dengan mengoleksi 39 poin. Sedangkan Persiba tertahan di peringkat 12 dengan 30 angka.

Juku Eja mengimbangi permainan Persiba meski tuan rumah bermain agresif. Baru 15 menit pertandingan berjalan, PSM mendapat petaka, gelandang impor Ronald Hikspoors tidak bisa melanjutkan pertandingan setelah berbenturan dengan pemain Persiba Gideon V Way. Robert Alberts memasukan pemain bertahan Reva Adi Utama sebagai penganti.

Juku Eja nyaris kebobolan pada menit ke-23, setelah peluang tendangan sudut berhasil di maksimalkan, namun wasit lebih dahulu melihat terjadi pelanggaran.

Peluang terbaik PSM tercipta melalui kerja sama Tibo dan Rahmat pada menit ke-25 di area pertahanan Persiba. Tibo yang mengirimkan umpan matang ke Rahmat berhasil masuk ke jantung pertahanan, sayang umpan tarik yang di berikan ke mulut gawang Persiba gagal dimanfaatkan Ridwan Tawainella.

Menit ke-35, Titus Bonai berhasil membawa unggul PSM setelah berhasil memanfaatkan umpan panjang Ridwan Tawainella dari tengah lapangan. Tibo yang berhasil lolos dari pengawalan pemain belakang berhadapan langsung dengan penjaga gawang, dan dengan mudah pemain asal Papua ini menceploskan bola. Skor 1-0 untuk PSM bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, tuan rumah langsung melakukan tiga pergantian pemain yakni, memasukkan Siswanto, Maicon Rogerio, dan Rahel Radiansyah, dan menarik keluar I Gusti Rustiawan dan Fengki Turnando.

Dengan memasukkan sejumlah pemain ini Persiba langsung mengambil alih serangan. Peluang pun tercipta pada menit ke-52 melalui heading Hanif Abdulrauf, namun belum berbuah maksimal. Pesiba malah kecolongan pada menit ke-59, Rahmat menjadi aktor gol kedua tim Juku Eja setelah mendapat umpan lambung dari Willem Jan Pluim, pemain bernomor punggung 11 ini memanfaatkan kecepatannya dengan menusuk pertahanan kanan Persiba sebelum mempedaya kiper Yoewanto Benny.

Peluang Persiba tercipta di menit ke-80 melalui tendangan bebas, Sohei yang menjadi eksekutor nyaris menjebol gawang PSM, sayang sepakan melengkungnya dari sektor kanan pertahanan masih tipis melebar di atas mistar gawang Syaiful.

Penyerang muda PSM Muchlis Hadi nyaris menambah keunggulan Juku Eja, setelah lolos dari jebakan offside di menit ke-86. Pemain 21 tahun ini langsung berhadapan dengan kiper, namun terlambat menendang bola dan langsung dicocor pemain belakang Persiba. Hingga peluit penjang skor tetap 2-0 untuk keunggulan PSM

Susunan pemain
Persiba Balikpapan (4-2-3-1)
: Yoewanto Benny (GK), Abdul Azis, Absor Fauzi, Asep Budi Santoso, Asnawi Mangku Alam Bahar, Dirkir Glay, Hanif Abdul Rauf, Franky Tornando, Gideon Vikto Way, I Gusti Rustiawan, Shohei Matsunaga
Cadangan: Kuniawan Kartikan (GK), Hermawan, Ledi Utomo,l Rachel Radiansyah, Siswanto, Heri Susanto, Maicon Rogerio
Pelatih: Jaino Matos

PSM Makassar (4-4-2): Syaiful (GK), Hendra Wijaya, Kwon Jun, Wasiat Hasbullah, Ardan Aras, Ronald Hikspoor, Rasyid Bakri, Wiljan Pluim, Ridwan Tawainella, M Rahmat, Titus Bonai
Cadangan: Deny Marcel (GK), Ivan Wahyudi, Reva Adi utama, Andri, Muchlis Hadi
Pelatih: Robert Rene Alberts
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6816 seconds (0.1#10.140)