Preview Arema vs Persela: Membongkar Benteng Lamongan

Minggu, 06 November 2016 - 08:00 WIB
Preview Arema vs Persela: Membongkar Benteng Lamongan
Preview Arema vs Persela: Membongkar Benteng Lamongan
A A A
MALANG - Arema Cronus menyiapkan strategi khusus untuk membongkar pertahanan Persela Lamongan saat bentrok di Stadion Kanjuruhan pada pekan ke-27 Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016, Minggu (6/11/2016).

Tidak pernah terjadi Persela bermain terbuka saat berkunjung ke Malang. Siapa pun pelatihnya, tim asal Kota Soto lebih banyak menumpuk pemain di pertahanan dan mengandalkan serangan balik untuk menyerang.

Hal itu sudah masuk dalam prediksi Arema Cronus sebagai tuan rumah. Singo Edan menyatakan siap dengan segala situasi di lapangan nanti, termasuk menghadapi strategi negatif yang akan diperagakan Persela.

"Kami banyak menemui lawan yang bertahan ketika bermain di kandang. Itu terkadang menjadi problem tersendiri, tapi saya sudah menyiapkan tim untuk menghadapi segala situasi. Tidak masalah kalau Persela bertahan," sebut Pelatih Arema Milomir Seslija.

Dia menambahkan, timnya butuh bermain sabar dan telaten untuk membongkar benteng Laskar Joko Tingkir. Walau tetap mengusung permainan trengginas alias ofensif, dia meminta pemain tidak terburu-buru dalam mengonversi peluang.

Bagi Milo, Persela bukan lawan yang mudah ditundukkan walau berada di papan bawah klasemen. Kunci keberhasilan di pertandingan nanti menurutnya ada di dalam diri pemain Arema sendiri. Dia ingin efisiensi permainan bisa kembali ditunjukkan timnya.

"Kami melakukan pekerjaan dengan baik saat mengalahkan Semen Padang dan tentu ingin itu berlanjut. Status tuan rumah tak menjamin kami bakal menang mudah. Berapa pun skornya, saya ingin Arema meraih tiga angka," begitu keinginan Milo.

Formasi 4-3-3 bakal kembali menjadi andalan tim pujaan Aremania. Trisula Cristian Gonzales, Dendi Santoso, dan Arif Suyono berpeluang menjadi pilihan. Namun ada opsi menempatkan Esteban Vizcarra di sayap untuk menambah akselerasi.

Dari kubu seberang, Persela Lamongan kelihatannya akan menurunkan formasi 4-5-1 atau 4-4-1-1 dengan menempatkan Ivan Carlos sebagai pemain terdepan dan disokong Dendy Sulistyawan sebagai second striker. Itu jika Persela memilih sedikit bertahan.

Jika ingin bermain lebih terbuka, maka pelatih Aji Santoso bisa menyuntikkan Saddil Ramdani bersama kedua striker tersebut. Aji sendiri mengakui timnya akan berada dalam bahaya jika meladeni permainan ofensif tuan rumah.

"Menghadapi tim seperti Arema, fokus pertama adalah pertahanan. Saya menginginkan pemain disiplin dan konsentrasi penuh di pertahanan, terutama membendung pemain yang punya kecepatan. Kami akan melakukan serangan balasan saat momennya tepat," begitu skenario awal Persela.

Tapi, bisa jadi pernyataan Aji Santoso itu hanya sebagai pengecoh, karena nyatanya sejak menangani Persela dirinya jarang menetapkan taktik bertahan total. Yang pasti, dirinya menginginkan ada poin yang bisa dibawa pulang dari Malang.

"Saya tak ingin pemain merasa tertekan di pertandingan nanti. Memang suasana di Stadion Kanjuruhan akan dipenuhi suporter Aremania, namun itu jangan sampai membuat pemain drop. Harus tetap percaya diri dan bermain lepas," pesan Aji.

Perkiraan Pemain
Arema Cronus (4-3-3): Ahmad Kurniawan (gk), Syaiful Indra, Hamka Hamzah, Goran Gancev, Johan Alfarizie; Raphael Maitimo, Nick Kalmar, Esteban Vizcarra; Arif Suyono, Cristian Gonzales, Dendi Santoso.
Pelatih: Milomir Seslija

Persela Lamongan (4-4-1-1): Dwi Kuswanto (gk), Edy Gunawan, Aang Suparman, Paulo Eduardo, Agung Pribadi; Choi Hyun Yeon, Victor Pae, Hedipo Gustavo, Dendi Sulistyawan, Saddil Ramdani; Ivan Carlos.
Pelatih: Aji Santoso

Lima Pertemuan Terakhir
18-07-2016 Persela Lamongan vs Arema Cronus 0-2
20-01-2015 Persela Lamongan vs Arema Cronus 1-2
25-10-2014 Arema Cronus Persela vs Lamongan 4-0
08-10-2014 Persela Lamongan vs Arema Cronus 2-2
22-05-2013 Persela Lamongan vs Arema Cronus 0-0
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5120 seconds (0.1#10.140)