Di Mata Riedl Thailand Bukan Satu-satunya Lawan Tangguh

Jum'at, 18 November 2016 - 14:37 WIB
Di Mata Riedl Thailand Bukan Satu-satunya Lawan Tangguh
Di Mata Riedl Thailand Bukan Satu-satunya Lawan Tangguh
A A A
MANILA - Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl menilai semua tim yang berlaga di Piala AFF 2016, terutama di Grup A merupakan lawan tangguh. Bukan hanya Thailand, dua kontestan lainnya, Singapura dan Filipina pun mempunyai peluang sama untuk lolos ke fase selanjutnya.

Untuk bisa membuka peluang ke semifinal, Tim Merah Putih harus keluar dari hadangan Thailand. Indonesia harus mengerahkan semua kemampuannya untuk bisa mengimbangi atau jika beruntung bisa mengalahkan tim besutan Kiatisuk Senamuang. Sebab, dengan hasil positif pada pertandingan yang akan disiarkan langsung RCTI pada Sabtu (19/11/2016) mulai pukul 15.30 WIB itu bisa melapangkan jalan ke duel selanjutnya.

Sementara mengenai kekuatan Filipina yang pada ajang kali ini tak diperkuat striker Javier Patino dan bek Daisuke Sato, pelatih asal Austria itu menilai tak akan banyak berubah kekuatan. "Sekalipun tanpa Patino dan Sato, mereka akan memilih pemain lain. Ini seperti yang dialami oleh kami. Ichsan Kurniawan cedera, Irfan Bachdim cedera, sehingga kami mengambil pemain lain. Ini lah sepak bola, terkadang Anda tidak bisa memainkan pemain yang Anda inginkan," tutur Riedl dilansir Goal, Jumat (18/11/2016).

Sekadar diketahui, Patino gagal membela Filipina setelah klubnya, Henan Jianye anggota Chinese Super League (CSL) tak mengizinkan. Henan enggan melepaskan pemainnya berlaga di event yang masuk kalender FIFA itu karena khawatir cedera. Sedangkan Sato tidak mendapat izin dari klubnya, CSM Politehnica Iasi. Sebab, klub Utama Rumania itu masih menyisakan tujuh pertandingan.

Mengenai kekuatan tim yang bejuluk Azkals itu Riedl mengaku sudah mengantongi gambaran. Pertandingan persahabatan melawan Korea Utara menjadi tolok ukur Riedl melihat permainan tim tuan rumah.

"Anda tahu kita pernah kalah 4-0 dua tahun lalu (Piala AFF 2014)? Kami sudah mengirim Peter (Hans Peter Schaller- asisten Riedl) untuk melihat pertandingan melawan Korea Utara. Dia sudah bilang kepada saya, mereka tim yang bagus, dan tentu saja mereka punya keuntungan sebagai tuan rumah. Mereka akan menjadi lawan yang sulit bagi kami."

"Bahkan lawan Singapura pun tidak akan mudah. Tak ada lawan yang mudah bagi kami. Kami diposisikan sebagai bukan tim unggulan, dan saya mengkhawatirkan ekspetasi dari negara ini sangat tinggi. Kami hanya bisa mengambil dua pemain dari klub, yang berarti kekuatan kami sudah berkurang 20 persen."
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6730 seconds (0.1#10.140)