Alex Rins Absen di Tes Jerez, Suzuki Panggil Pembalap Jepang

Selasa, 22 November 2016 - 17:00 WIB
Alex Rins Absen di Tes Jerez, Suzuki Panggil Pembalap Jepang
Alex Rins Absen di Tes Jerez, Suzuki Panggil Pembalap Jepang
A A A
JEREZ - Karena salah satu pembalapnya mengalami cedera, tim Suzuki MotoGP terpaksa menggunakan jasa joki cadangan mereka pada tes tertutup di Sirkuit Jerez, Spanyol, Rabu-Kamis (23-24/11/2016).

Ya, Alex Rins mengalami cedera tulang punggung usai mengalami kecelakaan dalam tes akhir musim MotoGP di Valencia, Rabu pekan lalu (16/11/2016). Dia bahkan sempat dibawa ke Dexeus Clinic di Barcelona dengan menggunakan mobil ambulans untuk menjalani perawatan selama dua hari.

Seperti dilaporkan Motorsport, Rins terjatuh di Tikungan 12 ketika tes baru berjalan 30 menit. Pasca insiden, pembalap Suzuki itu masih mampu berbicara dan bergerak tanpa kesulitan, tapi merasakan rasa sakit di punggungnya.

Usai kecelakaan, dia lalu dibawa dengan menggunakan mobil ambulans ke rumah sakit terdekat di Valencia, untuk pemeriksaan lebih lanjut. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Rins mengalami cedera tulang punggung ruas kedelapan (T8) dan ke-12 (T12). Dokter pun menyarankan sang pembalap untuk beristirahat selama satu bulan.

Itu artinya, Rins akan absen dalam tes tertutup di Sirkuit Jerez, Spanyol, 23-24 November 2016. Namun, dia akan dapat kembali mengikuti tes pramusim 2017 di Sirkuit Sepang, Malaysia pada akhir Januari.

Adapun dokter menyarankan sementara waktu pembalap asal Spanyol tersebut memakai korset untuk melindungi cedera pada tulang punggungnya. Dengan kondisi joki berusia 20 tahun yang masih tergolek memulihkan diri, tim Suzuki mau tidak mau memakai jasa pembalap pengganti buat menemani Andrea Iannone menjajal GSX-RR di tes Jerez. Nama pembalap pengganti itu ialah Takuya Tsuda.

Seperti diketahui, Takuya merupakan pembalap Jepang yang sudah lama jadi rider test Suzuki. Dia juga sudah sering berlomba di berbagai ajang kelas dunia dengan motor tim asal Hamamatsu tersebut, seperti di lomba ketahanan Suzuka 8 Hours. Dan Takuya juga pernah menguji motor prototipe MotoGP Suzuki di tes Malaysia 2014.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6510 seconds (0.1#10.140)