Kilas Balik Pertarungan Singapura vs Indonesia

Jum'at, 25 November 2016 - 13:54 WIB
Kilas Balik Pertarungan Singapura vs Indonesia
Kilas Balik Pertarungan Singapura vs Indonesia
A A A
BOCAUE - Tim Nasional Indonesia kembali bertemu dengan musuh besarnya di Piala AFF 2016. Bertempat di Rizal Memorial Stadium, Jumat (25/11/2016), Indonesia harus menghadapi Singapura.

Kedua tim memulai awal yang buruk di babak penyisihan grup A. Alhasil, Indonesia dan Singapura sama-sama mengantongi satu poin dari dua pertandingan. Meski demikian, peluang mereka untuk lolos masih terbuka lebar. Karena itu laga nanti malam sepertinya akan berlangsung menarik dan juga menegangkan.

Jelang bertarung, Singapura diuntungkan dengan catatan pertemuan. Dalam enam bentrokan terakhir, mereka lebih unggul dari Skuat Merah Putih. (Baca juga: Preview Singapura vs Indonesia)

Berikut kilas balik pertarungan Singapura vs Indonesia;

1. Indonesia 1-0 Singapura (Babak Penyisihan Grup B Piala AFF - 28 November 2012)

Pada pertemuan ini, Timnas Indonesia tidak diperkuat sejumlah pemain andalannya. Hal itu disebabkan karena dualisme kompetisi yang membuat pemain-pemain bintang tak bisa tampil membela Skuat Garuda.

Meski demikian, Indonesia mampu menang 1-0 lewat gol spektakuler Andik Vermansyah. Pemain bertubuh mungil ini melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang sukses menjebol gawang Singapura kawalan Izwan Mahbud.

2. Singapura 3-1 Indonesia (Laga Persahabatan - 4 November 2009)
Meski sekadar uji coba, laga berlangsung dengan seru dan menegangkan. Singapura menang lewat aksi Mohamed Noh Alam Shah dan Aleksander Duric (dua gol). Sementara Indonesia, gol hiburan diciptakan oleh Eka Ramdani.

3. Indonesia 0-2 Singapura (Babak Penyisihan Grup A Piala AFF - 9 Desember 2008)

Kekalahan juga dialami Indonesia di Piala AFF 2008 lalu. Gawang Indonesia yang dikawal Markus Horisson jebol lewat tandukan Baihakki Khaizan di menit kedua.

Gol tambahan Singapura kemudian dicetak Shi Jiayi menit 50. Karena hasil ini, Indonesia bertengger sebagai runner up grup A. Ponaryo Astaman Cs memiliki enam poin, selisih tiga angka dari Singapura yang lolos ke semifinal sebagai juara grup.

4. Singapura 2-2 Indonesia (Babak Penyisihan Grup B Piala AFF - 17 Januari 2007)
Skor imbang mengakhiri laga Singapura vs Indonesia di babak penyisihan grup B Piala AFF 2007. Tampil di Stadion Nasional, Kalang, gol Indonesia dicetak Ilham Jaya Kesuma (menit 27) dan Zaenal Arief (menit 56).

Tapi sayang, gol tersebut tidak berarti apa-apa. Sebab, Singapura bisa merobek gawang Indonesia melalui Mohamed Noh Alam Shah (menit 10) dan Indra Sahdan (menit 52).

5. Indonesia 0-0 Singapura (Babak Penyisihan Grup A Piala AFF - 9 Desember 2004)
Dalam laga ini, Singapura berhasil meredam agresivitas Indonesia. Tim Merah Putih yang sebelumnya menang 6-0 atas Laos, dipaksa imbang 0-0 oleh Singapura.

6. Indonesia 2-5 (aggregat) Singapura (Final Piala AFF - 8 dan 16 Januari 2005)

Usai bersaing di babak penyisihan grup A, kedua tim secara mengejutkan kembali bertemu di partai puncak Piala AFF 2005. Namun kali ini, dewi keberuntungan lebih berpihak ke kubu Singapura.

Pada leg pertama, Singapura mempermalukan Indonesia dengan skor 3-1. Setelah itu mereka menang 2-1 di pertemuan yang kedua. Dengan hasil ini, Singapura juara setelah unggul aggregat 5-2.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7638 seconds (0.1#10.140)