Bos Ducati: Idealnya Lorenzo Menang di Seri I MotoGP 2017

Minggu, 04 Desember 2016 - 21:00 WIB
Bos Ducati: Idealnya Lorenzo Menang di Seri I MotoGP 2017
Bos Ducati: Idealnya Lorenzo Menang di Seri I MotoGP 2017
A A A
ANDORRA - Sebagian staf tim Yamaha Factory Racing, menghadiri pembukaan museum juara dunia Jorge Lorenzo di Andorra, beberapa hari lalu. Tapi, sejumlah petinggi tim Ducati juga ikut mendampingi pembalap anyarnya tersebut. Salah satu petinggi tim Ducati Corse adalah direktur olahraga Paolo Ciabatti. GPOne menyempatkan diri mewawancarainya. Berikut petikannya.

Lorenzo sepertinya cukup diperhitungkan di 2017?
“Sekarang, dia akan menikmati liburan yang memang layak didapatkan, dan kemudian kami akan kembali bekerja (pada akhir Januari 2017). Itu tahun yang sangat penting baginya. Dia memiliki motivasi hebat, tetapi di atas semuanya, adalah keinginan untuk membawa gelar juara dunia kembali ke Borgo Paginale, yang mana pernah dimenangkan oleh (Casey Stoner). Itu bakal penting buat Ducati, karenanya kami akan berusaha untuk meningkatkan diri, dan memberi Lorenzo serta Dovizioso motor kompetitif.”

Tes pramusim 2017 di Sepang, akan jadi pemberhentian berikutnya (akhir Januari). Apa yang bakal bisa dilihat dari motor Ducati?
“Mesin, merupakan titik terkuat dari motor kami. Saya mengharapkan Ducati meningkatkan aerodinamika sasis, dan lebih memudahkan pembalap saat memasuki berbagai jenis tikungan. Baik Lorenzo maupun Dovizioso, sama-sama mengatakan bahwa motor ini menuntut banyak kekuatan fisik pembalap.”

Setelah larangan winglets, kini pertanyaan besarnya soal aerodinamika. Bagaimana penyesuaian Ducati, apakah ada teknologi baru yang akan diperkenalkan?
“Di Borgo Paginale, kami memiliki sebuah divisi kecil, yang merancang winglets di masa lalu. Mereka telah menemukan solusi inovatif, yang mana seluruh tim kemudian mengadopsinya. Melalui pendekatan metodis dan ilmiah, tim itu sudah bekerja keras, dan kami menatap optimistis. Seperti kita ketahui, perubahan pada mesin dibatasi, dan kami hanya diperkenankan membuat dua perubahan fairing setiap tahun.”

Tiga seri awal MotoGP 2017, di Qatar, Argentina, dan Austin. Apakah layak untuk coba berpikir sebuah hasil besar pada salah satunya?
“Kita telah mengetahui, kami memiliki kecepatan di ketiga sirkuit tersebut, dan kompetitif di masa lalu. Mungkin balapan di Losail, yang pertama pada kalender, akan menjadi tempat ideal untuk mencapai hasil besar, seperti sebuah kemenangan. Jelas, rival kami juga akan ada di sana. Marc Marquez dan Honda adalah favorit juara, mereka juga selalu menang di Austin. Sedang Yamaha sangat kuat dengan Valentino Rossi dan Maverick Vinales.”

Belakangan, ada banyak pembicaraan soal pelatih/mentor. Bisakah Stoner mengemban tugas itu buat Lorenzo di Ducati?
“Saya tidak berpikir begitu. Namun, kami berpikir bagaimana cara menemukan peran untuknya (Stoner) dalam tim. Karena Casey, memiliki peran fundamental dalam proses tumbuh motor kami selama tes. Kami pasti akan melihat dia di tes Sepang pada akhir Januari, dia akan mengembangkan motor, seperti yang dia lakukan pada musim lalu.”

Apakah ban Michelin merupakan masalah yang harus diatasi?
“Sudah jelas bahwa, ada beberapa kesulitan dengan ban musim ini. Tapi, mereka (Michelin) telah mengambil beberapa langkah maju yang besar, dan sekarang bannya lebih stabil. Oleh karena itu, saya akan berharap mendapat keyakinan, langsung dari tes pramusim pertama 2017.”
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7613 seconds (0.1#10.140)