Contek Sukses Red Bull-Toro Rosso, Ferrari Ajak Alfa Romeo ke F1

Rabu, 21 Desember 2016 - 16:30 WIB
Contek Sukses Red Bull-Toro Rosso, Ferrari Ajak Alfa Romeo ke F1
Contek Sukses Red Bull-Toro Rosso, Ferrari Ajak Alfa Romeo ke F1
A A A
MARANELLO - Sejak terakhir kalinya dipacu oleh Nicola Larini dari tim Osella Squadra Corse di F1 musim 1988. Nama Alfa Romeo sudah tak pernah lagi ada di Kejuaraan Dunia Formula Satu (F1). Perusahaan induk Alfa Romeo, Ferrari, kini menyembulkan asa pabrikan yang mereka beli dari pemerintah Italia pada 1986 itu, buat hadir lagi di lintasan balap jet darat dunia.

Ya, presiden Ferrari Sergio Marchionne, membuka peluang bagi pabrikan legendaris, Alfa Romeo, untuk kembali ke Formula 1. Hal itu muncul dalam acara perayaan Natal tim Kuda Jingkrak awak pekan ini di Italia.

Marchionne mengeluarkan ide untuk mengembalikan nama legendaris Alfa Romeo ke balapan Formula 1. DiIa menganggap hal tersebut sebagai salah satu solusi Ferrari untuk dapat mengembangkan pembalap-pembalap muda mereka.

"Tempat bagi Alfa Romeo (di F1) sebenarnya selalu ada dan hal itu merupakan suatu proyek yang harus bisa diwujudkan," ujar Marchionne seperti dilaporkan Motorsport.

"Saya belum sempat berbicara dengan (Mattia) Binotto ataupun (Maurizio) Arrivabene terkait bagaimana Alfa Romeo dapat berkolaborasi dengan Ferrari. Masalahnya, dalam waktu dekat, Alfa Romeo akan meluncurkan mobil-mobil jalanan mereka. Jadi dari segi finansial, masih banyak yang harus mereka lakukan," imbuh sang presiden Ferrari.

Meski detail lengkap terkait rencana Alfa Romeo di F1 belum dapat diketahui, Marchionne diyakini ingin membuat struktur yang sama seperti yang saat ini dimiliki oleh Red Bull Racing dengan saudara mudanya, Scuderia Toro Rosso. Struktur itu ialah sebuah tim independen yang sekaligus berfungsi sebagai tempat pembinaan pembalap akademi tim Kuda Jingkrak.

Perlu diketahui, nama-nama pembalap besar pernah memacu mobil maupun mesin Alfa Romeo di F1. Yang paling sukses tentunya Giuseppe Farina dan Juan Manuel Fangio. Mereka memberi gelar juara dunia F1 pertama sekaligus yang kedua buat Alfa Romeo pada edisi pertama dan kedua F1 di 1950-1951.

Selain mereka, para pembalap lain yang pernah memacu mobil Alfa Romeo di F1 diantaranya Andrea de Cesaris, Mario Andretti, hingga Riccardo Patrese. Sedang para pembalap yang pernah memakai mobil tim lain bermesin Alfa Romeo di F1 diantaranya Carlos Reutemann, John Watson, Niki Lauda, Nelson Piquet, hingga Gabriele Tarquini.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8074 seconds (0.1#10.140)