Mumpung VW Mundur, Hyundai Tatap Juara Dunia WRC 2017

Jum'at, 23 Desember 2016 - 03:00 WIB
Mumpung VW Mundur, Hyundai Tatap Juara Dunia WRC 2017
Mumpung VW Mundur, Hyundai Tatap Juara Dunia WRC 2017
A A A
ALZENAU - Pada musim 2016, Thierry Neuville (Hyundai) harus puas finis di peringkat kedua klasemen akhir pereli, dia kalah dari Sebastien Ogier (Volkswagen/VW). Namun VW resmi undur diri pada 2017. Itu ibarat membuka kans Hyundai menyodok ke atas.

Ya, Hyundai menjadi tim pertama yang meluncurkan mobil spesifikasi 2017, i20 Coupe, untuk kejuaraan World Rally Championsip (WRC) musim depan. WRC 2017 akan menerapkan sejumlah regulasi baru, di antaranya meningkatkan pentingnya aerodinamika dan grip (cengkeraman) mekanikal, serta tenaga mesin.

Hasilnya, selain ambil bagian dalam musim reguler, Hyundai telah mengambil program tes untuk membangun mobil yang sepenuhnya baru pada tahun ini. Tim akan mengawali musim dengan line-up pembalap yang sama. Hayden Paddon dan Dani Sordo telah dikontrak Hyundai hingga akhir 2018. Dan meskipun Thierry Neuville kuat dihubungkan bakal pindah ke Citroen, pereli Belgia itu telah menandatangani perpanjangan kontrak baru, yang berdurasi dua tahun ke depan.
Hayden Paddon, Dani Sordo dan Thierry Neuville membuka tabir mobil Hyundai i20 Coupe untuk WRC 2017. (Foto-motorsport)
“Kami menuju era baru olahraga dengan peluang terbesar dalam regulasi untuk beberapa waktu. Ini merupakan tantangan teknis baru yang besar dan akan kami hadapi dengan antusias,” ujar Prinsipal Tim Hyundai, Michel Nandan seperti dilaporkan Motorsport. “Ini kesempatan untuk mempraktekkan semua yang telah kami pelajari dan alami dalam tiga musim terakhir. Semua tim memulai dari awal, sehingga kita dalam posisi sejajar,” imbuhnya.

“Setelah menempati posisi kedua pada 2016, kami ingin menunjukkan kemampuan untuk bertarung demi Kejuaraan pada 2017. Dan kami percaya diri Hyundai i20 Coupe WR akan membantu kami untuk melakukan hal itu,” tandasnya.

Hyundai kembali ke WRC sebagai tim pabrikan pada 2013. Pada musim 2016, Hyundai berhasil menempati peringkat kedua dalam klasemen akhir pembalap dan manufaktur, keduanya dibawah VW. Hanya saja, kalau mau jadi juara dunia 2017 di dua kategori, mereka wajib menumbangkan Citroen yang kembali dengan dukungan penuh tim pabrikan. Lalu masih ada juara bertahan Sebastien Ogier yang pindah ke Ford.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6738 seconds (0.1#10.140)
pixels