Tony Sucipto: Pertama Sulit, Tapi Berikutnya Lebih Enak

Sabtu, 04 Februari 2017 - 11:21 WIB
Tony Sucipto: Pertama Sulit, Tapi Berikutnya Lebih Enak
Tony Sucipto: Pertama Sulit, Tapi Berikutnya Lebih Enak
A A A
BANDUNG - Pemain bertahan Persib Bandung Tony Sucipto mengakui ada tantangan besar untuk melakoni laga perdana di Piala Presiden 2017. Meski siap tempur, namun Persib akan menghadapi laga sulit saat menjamu PSM Makassar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin (6/2/2017).

PSM Makassar membangun kekuatan baru di Piala Presiden 2017. Pasukan Rene Alberts memiliki kualitas mumpuni dengan komposisi pemain yang cukup mengerikan. Mereka kedatangan bek andal Hamka Hamzah dan bek Prancis Steven Paulle. Sedangkan di lini tengah, ada gelandang timnas Raphael Maitimo.

Mereka bersinar saat uji coba kontra Bali All Stars dengan memetik kemenangan 7-1 di Lapangan Samudra, Bali, Senin (30/1/2017). Pada laga uji coba pertama, Juku Eja melumat Mitra Badung Selection 8-0, Jumat (27/1/2017). (Baca juga: PSM Lumat Bali All Stars, Raphael Maitimo Bersinar).

"Pertandingan pertama pasti sulit. Tapi, biasanya langkah berikutnya lebih enak (jika menang di laga perdana). Makanya misi kami mengamankan kemenangan dalam pertandingan nanti," ungkap Tony.

Tony memaparkan alasan bahwa turnamen jauh lebih menantang dibanding kompetisi. Dalam turnamen, setiap tim dituntut untuk selalu menang demi lolos ke fase berikutnya. Hasil minor akan membuat perjalanan tim semakin berat.

Kondisi itu berbeda dengan liga. Jika kalah atau imbang, tim bisa mengejar raihan poin dalam laga-laga berikutnya untuk menjaga posisi di klasemen. Sementara dalam turnamen, satu kekalahan bisa berujung sangat fatal.

"Turnamen ini satu pertandingan efeknya banyak ke kalkulasi nilai. Sekali pertandingan harus dimanfaatkan jangan sampai terpeleset," jelas Tony.

Pemain anyar Persib Erick Weeks Lewis juga mengakui laga perdana biasanya akan berjalan sulit. Tapi ia optimistis timnya bisa memenangkan laga perdana dan laga-laga berikutnya. "Yang penting kami fokus di tiap pertandingan, baik yang pertama, kedua, juga pertandingan terakhir di penyisihan grup," ucapnya.

Tapi Persib punya modal positif dalam laga nanti yaitu kehadiran Bobotoh di stadion. Mereka akan jadi kekuatan tambahan para pemain dengan dorongan motivasinya. "Luar biasa suporter di sini. Itu penting sekali dan jadi motivasi. Kita harus fokus main 100 persen," tegas Erick.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7085 seconds (0.1#10.140)