Yamaha Pamer YZF-R1 Geberan Lowes-Van Der Mark di WSBK 2017

Rabu, 08 Februari 2017 - 00:01 WIB
Yamaha Pamer YZF-R1 Geberan Lowes-Van Der Mark di WSBK 2017
Yamaha Pamer YZF-R1 Geberan Lowes-Van Der Mark di WSBK 2017
A A A
GERNO DI LESMO - Usai Aprilia dan Honda, satu tim pabrikan lainnya peserta Kejuaraan Dunia Balap Superbike (WSBK) 2017, Yamaha, resmi meluncurkan motor dan duet pembalap mereka.

Ya, seperti dilaporkan Motorsport. Pabrikan asal Iwata, Jepang, tersebut sempat mengakhiri keterlibatan mereka di WSBK pada 2011, atau dua tahun setelah tim berlambang garpu tala itu merebut gelar juara dunia lewat Ben Spies.

Namun pada 2016, Yamaha kembali ke Superbike dan menggandeng Crescent Racing Team milik Paul Denning yang sebelumnya identik dengan Suzuki. Sylvain Guintoli dan Alex Lowes dipilih sebagai pembalap untuk skuat baru musim lalu.

Tetapi, kembalinya Yamaha ke WSBK mengalami sedikit masalah, seperti Guintoli yang terpaksa absen di lima seri setelah mengalami kecelakaan hebat dalam sesi kualifikasi di Imola, Italia. Pembalap Prancis itu kemudian bangkit dengan merebut satu finis podium di seri terakhir, Qatar, yang mana menjadi satu-satunya finis podium bagi Yamaha di 2016.

Namun itu tak cukup bagi Yamaha buat memilih untuk mempertahankan Guintoli ketimbang Alex Lowes, yang kini ditemani Michael van der Mark buat musim 2017.

Michael telah menghabiskan dua musim terakhir di atas Honda CBR1000RR Fireblade. Performanya cukup moncer bersama tim Ten Kate WSBK. Pada 2015 dia finis di posisi tujuh klasemen akhir (3 podium) dan pada 2016 finis di posisi empat klasemen akhir (4 podium ketiga plus 2 podium kedua).

Berbekal tenaga muda dari van der Mark dan hasil cukup baik Lowes selama tes pramusim 2017 (kelima dan ketujuh tercepat di tes Jerez, plus keenam tercepat di Portimao). Pata Yamaha Official Team SBK with Rizla makin bersemangat.

“Motor WSBK 2017 Yamaha YZF-R1 adalah langkah maju yang signifikan dibandingkan dengan motor edisi 2016 dan bakal ada perfoma lebih yang akan datang,” sembur bos tim Paul Denning seperti dilaporkan Motorsport.

“Sejumlah besar usaha dan dedikasi telah diinvestasikan dan semua orang yang terlibat dalam proyek merasakan aura positif dari momentum saat kami mendekati balapan pertama,” imbuhnya.

Adapun sebelum Yamaha yang memperkenalkan motor, livery dan pembalap anyar mereka untuk WSBK 2017 di Gerno di Lesmo, Italia, Selasa (7/2). Sehari sebelumnya Honda menggelar acara serupa di hangar 7 markas Red Bull di dekat Salzburg, Austria. Sebelum mereka, Aprilia dengan tim Milwaukeenya jadi tim pabrikan pertama yang telah meluncurkan motor dan livery baru mereka untuk WSBK 2017 di tes pramusim Jerez.

Dan selama pekan ini, sejumlah tim pabrikan lainnya akan menjalani prosesi serupa. Sehari berselang atau Rabu (8/2) pukul 11:00 waktu setempat, Ducati yang diwakili tim Aruba.it Racing, akan memperkenalkan Chaz Davies serta Marco Melandri dan livery anyar Paginale R di markas Aruba, di Arezzo, Italia. Lantas tim juara bertahan, Kawasaki, dapat giliran memperkenalkan ZX-10RR yang akan digeber Jhonny Rea dan Tom Sykes, di Barcelona pada Kamis (9/2).
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4405 seconds (0.1#10.140)