Studi Ilmiah UEFA: Barcelona Juara Liga Champions Musim Ini

Selasa, 14 Februari 2017 - 18:54 WIB
Studi Ilmiah UEFA: Barcelona Juara Liga Champions Musim Ini
Studi Ilmiah UEFA: Barcelona Juara Liga Champions Musim Ini
A A A
NYON - Penggawa Barcelona boleh tersenyum melihat hasil peneltian yang dilakukan Otoritas Sepak Bola Eropa (UEFA). Sejumlah faktor, mendukung klub Katalan itu menjuarai Liga Champions 2016/2017.

Prediksi UEFA memang tidak meleset saat menyebut Real Madrid bakal menjadi juara musim lalu. Hitung-hitungan saintifik mendukung pasukan Zinedine Zidane mengangkat trofi 'Kuping Besar' untuk ke-11 kalinya seusai mengalahkan Atletico Madrid pada final di San Siro Milan, 28 Mei 2016.

Barcelona menghadapi Paris Saint-Germain pada babak 16 besar musim ini. Leg pertama digelar di Stadion Parc des Princes, Rabu (15/2/2017) dini hari WIB. Ini langkah awal yag sulit bagi Barcelona untuk melenggang ke final di Cardiff, Wales, 3 Juni 2017.(Baca Juga: Preview PSG vs Barcelona: Tuan Rumah Dihantui Kenangan Buruk).

Berikut statistik utama yang digunakan untuk mengukur kemungkinan juara Liga Champions 2016/2017.

Juara grup
Sebanyak 10 dari 11 juara Liga Champions merupakan juara grup. Anomali hanya terjadi saat Inter Milan juara pada tahun 2010. Saat itu Inter mengalahkan Rubin Kazan di matchday 6 untuk menempati posisi runner-up di bawah Barcelona. Musim ini, Barcelona mengalahkan Manchester City untuk naik ke posisi teratas di paruh pertama musim ini.
Kabar buruk untuk: Paris Saint-Germain, Benfica, Manchester City, Bayern, Leverkusen, Real Madrid, Porto, Sevilla

Hindari kesalahan sistem
Tim dengan rekor pertahanan terbaik atau paling sedikit kebobolan di fase grup, belum pernah memenangkan kompetisi sejak format Liga Champions diperkenalkan pada tahun 2003. Begitu juga dengan tim dengan pertahanan buruk (minimal kebobolan delapan gol) di fase grup.
Kabar buruk untuk: Juventus, Atletico, Dortmund, Benfica, Manchester City, Real Madrid

Tim berpengalaman
Belum pernah ada klub yang lolos dari fase grup untuk pertama kali, mencapai final di bawah format Liga Champions saat ini. Villarreal merupakan tim yang paling dekat setelah melaju ke semifinal di tahun 2006, namun disingkirkan Arsenal.
Kabar buruk untuk: Leicester City

Pelajaran dari sejarah
Sebanyak 21 tim berbeda pernah mengangkat trofi Piala Eropa (Liga Champions) sepanjang 42 musim pertama. Chelsea sebagai juara 2012 merupakan satu-satunya tim yang merebut trofi Liga Champions pertama mereka dalam 19 musim terakhir.
Kabar buruk untuk: Arsenal, Atletico, Leicester, Leverkusen, Manchester City, Monaco, Napoli, Paris Saint-Germain, Sevilla

Jadi, prediksi UEFA, menurut survei yang sangat ilmiah ini, klub yang akan mengangkat trofi Liga Champions 2016/2017 di Cardiff pada 3 Juni adalah... Barcelona.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6656 seconds (0.1#10.140)
pixels