Balapan Malam di Sirkuit Losail Masih Jadi Perdebatan

Rabu, 05 April 2017 - 10:14 WIB
Balapan Malam di Sirkuit Losail Masih Jadi Perdebatan
Balapan Malam di Sirkuit Losail Masih Jadi Perdebatan
A A A
DOHA - Keberhasilan Maverick Vinales memenangkan debut bersama Yamaha seolah menutupi kekacauan GP Qatar 2017 lalu. Meski begitu, evaluasi terus dilakukan hingga tahun depan kemungkinan balapan bakal digelar pada siang hari.

GP Qatar yang digelar di Sirkuit Losail, selain dikenal sebagai race pembuka musim, juga dikanal karena balapan digelar malam hari. Sensasi balapan malam memang luar biasa di Qatar. Namun, semua bisa dinikmati apabila cuaca normal tanpa hujan dan angin.

Jika merujuk pada race teranyar, GP Qatar terhitung berlangsung dengan kacau. Race Direction membatalkan latihan bebas 4 MotoGP dan sesi kualifikasi semua kelas karena hujan lebat melanda.

Hujan juga membuat balapan MotoGP beberapa kali ditunda karena alasan keselamatan. Selain muncul genangan di lintasan, hembusan angin juga membawa pasir masuk ke lintasan sehingga trek terasa sangat licin.

Sejumlah pengamat memberikan alternatif lain agar balapan GP Qatar digelar tidak pada bulan Maret. Pembalap seperti Jorge Lorenzo bahkan mengusulkan balapan digelar pada sore hari karena biasanya hujan turun pada malam hari.

Menurut situs Motorsport, komite keselamatan MotoGP beserta otoritas Sirkuit Losail terus berdiskusi guna mencari jadwal terbaik menggelar balapan di GP Qatar. Bukan tidak mungkin, tahun depan race di sana akan berlangsung tidak lagi malam hari.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0181 seconds (0.1#10.140)