Jelang F1 GP China, Tim-tim Pusing Masalah Setelan Mobil

Rabu, 05 April 2017 - 15:29 WIB
Jelang F1 GP China, Tim-tim Pusing Masalah Setelan Mobil
Jelang F1 GP China, Tim-tim Pusing Masalah Setelan Mobil
A A A
SHANGHAI - Rupanya ada sejumlah masalah yang terjadi pada awal balapan 2017. Dan problematika itu, kini coba disiasati oleh tim-tim jelang lomba seri kedua musim ini, F1 GP China 2017 di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (9/4/2017).

Ya, tim-tim Formula 1 sekarang harus mencari pendekatan yang baru soal persiapan setelan, karena mobil F1 2017 diyakini sangat sensitif ketika dilakukan perubahan. Perlu diketahui, setelah tes pramusim di Barcelona, handling mobil-mobil F1 2017 diketahui sangat mudah terpengaruh oleh perubahan-perubahan kecil di set-up.

Itulah alasan mengapa banyak tim termasuk tim-tim papan atas seperti Ferrari, Mercedes, dan Red Bull, kesulitan tampil secara konsisten sepanjang pekan Grand Prix. Bos tim Mercedes, Toto Wolff, percaya bahwa masalah setelan mobil mereka, menjadi alasan mengapa Lewis Hamilton kesulitan menangani degradasi ban saat melawan Ferrari pada seri pembuka F1 2017 di Sirkuit Melbourne Park, 26 Maret silam.

"Saya yakin ban kini memiliki lingkup operasional yang sempit. Kita harus berada di lingkup yang sempit itu agar bisa tampil bagus. Jika kita terlalu di atas, atau terlalu di bawah, maka performa akan turun. Kita harus melakukan kalibrasi ulang agar bisa memahami karakteristik ban lebih baik lagi," beber Toto Wolff seperti dilaporkan Motorsport.

Kesulitan di F1 GP Australia 2017 ternyata juga dialami oleh bos tim Red Bull, Christian Horner, yang ingin timnya bisa memiliki lingkup operasional yang lebih luas untuk mobil RB13 mereka. "Saya pikir kami harus memperluas lingkupnya. Sekarang lingkup itu masih sempit, tapi setidaknya mobil bereaksi saat kami melakukan perubahan," ujar Horner.
Persaingan Ferrari dan Mercedes di lomba F1 GP Australia 2017. (Foto-realsport101)
Meski Red Bull kalah dalam persaingan melawan Mercedes dan Ferrari di F1 GP Australia 2017, Horner tetap yakin timnya bisa meraih progres signifikan sepanjang musim ini. "Saya pikir Ferrari telah melakukan pekerjaan yang bagus dengan mesin dan sasis mereka," sembur Horner.

"Mereka (Mercedes dan Ferrari) terlihat kuat pada musim dingin. Tapi kita akan menjalani 20 balapan, bukan satu, jadi jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan. Saya yakin kami memiliki pondasi yang solid dan berada di jalan yang benar. Karena regulasi juga masih baru, saya pikir peta persaingan masih bisa cepat berubah. Saya sepenuhnya yakin musim ini kami bisa tampil kompetitif," tegasnya.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7720 seconds (0.1#10.140)