Ada Peraturan Baru Wajib Buat Pembalap di FP MotoGP Argentina 2017

Sabtu, 08 April 2017 - 00:22 WIB
Ada Peraturan Baru Wajib Buat Pembalap di FP MotoGP Argentina 2017
Ada Peraturan Baru Wajib Buat Pembalap di FP MotoGP Argentina 2017
A A A
BUENOS AIRES - Rupanya ada sebuah aturan baru yang diterapkan khusus pada sesi latihan bebas 1 dan 2 (FP1 dan FP2) MotoGP Argentina 2017, Jumat (7/4/2017) waktu setempat. Apakah itu?

Ya, seperti dilaporkan oleh Motorsport. Pihak direktur lomba telah menginformasikan kepada seluruh pembalap MotoGP, khususnya di kelas bergengsi. Yakni, mereka harus menyelesaikan lima lap beruntun dengan menggunakan kompon ban hard saat sesi latihan bebas di MotoGP Argentina.
Ban Michelin di garasi Michelin pada MotoGP Argentina 2017. (Foto-Michelin Motorsport)
Setiap pembalap yang tidak mengikuti instruksi ini akan mundur dua baris, atau enam posisi, di grid start untuk lomba MotoGP Argentina 2017 pada Minggu (9/4/2017). Adapun, para pembalap dapat menyelesaikan lima lap aturan wajib penggunaan ban hard tersebut di FP1 atau FP2.

Instruksi ini sendiri diterapkan oleh direktur lomba bekerjama dengan produsen ban resmi MotoGP, Michelin. Menyusul insiden yang dialami Scott Redding (Pramac Racing), ketika ban belakangnya meledak di FP4 MotoGP Argentina musim lalu. Akibatnya, jumlah lap MotoGP Argentina 2016 dipangkas dan balapan flag-to-flag diterapkan.

Race Direction sendiri akan memastikan kompon ban hard dari Michelin tersedia tahun ini, setelah produsen ban asal Perancis itu dipaksa memperkenalkan ban cadangan dengan konstruksi kaku pada musim lalu.

Untuk balapan MotoGP Argentina 2017, Michelin telah membawa empat tipe ban depan – tiga (hard, medium dan soft) yang menggunakan casing sama seperti saat seri pembuka Qatar, dan kompon soft dengan casing lebih kaku. Tiga opsi itu tersedia untuk ban belakang: hard, medium dan soft.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9679 seconds (0.1#10.140)