Trik STB Yakinkan Wisatawan Nikmati Event Bergengsi di Singapura

Sabtu, 22 April 2017 - 20:07 WIB
Trik STB Yakinkan Wisatawan Nikmati Event Bergengsi di Singapura
Trik STB Yakinkan Wisatawan Nikmati Event Bergengsi di Singapura
A A A
JAKARTA - Secara tidak sadar perkembangan teknologi sudah semakin canggih saja. Keberadaan media sosial dan beberapa fitur teknologi sering kali memudahkan seseorang untuk melakukan pekerjaan.

Kehadiran teknologi secara tidak langsung mengubah semuanya menjadi lebih mudah. Siapa pun bisa mencari informasi dengan cepat dimana pun berada. Tentunya ada banyak hal positif yang bisa didapatkan dari penggunaan teknologi internet dan media sosial.

Kemudahan pengunaan internet juga dirasakan Raymond Lim selaku Area Director Indonesia Singapore Tourism Board (STB). Menurutnya, perkembangan teknologi informasi secara tidak sadar mampu mengubah pasar Singapura menjadi salah satu destinasi tujuan wisatawan.
Trik STB Yakinkan Wisatawan Nikmati Event Bergengsi di Singapura


Berikut pernyataan Raymond Lim yang ditunjukan kepada SINDOnews, Sabtu (22/4/2017)


1. Singapura saat ini mampu menyelenggarakan event bergengsi seperti Formula 1, WTA, dan Rugby 7s Series. Bagaimana STB meyakinkan wisatawan untuk datang ke Singapura tidak hanya untuk menikmati event tersebut, tetapi dalam mempromosikan destinasi yang masih belum familiar?

Singapura adalah tujuan olahraga yang memberikan banyak aktivitas olahraga menarik untuk melayani berbagai macam minat, didorong dan didukung oleh komponen gaya hidup yang melengkapi keseluruhan pengalaman olahraga. Misalnya, pada bulan September di mana balapan Formula 1 diadakan, di luar balapan, kota ini menampilkan pengalaman gaya hidup yang semarak, mulai dari kehidupan malam, pesta dan hiburan yang menarik, hingga belanja dan jamuan kelas dunia. Secara kolektif kami mempromosikannya di bawah kampanye Grand Prix Season Singapore.

Hal yang sama berlaku untuk acara olahraga lainnya yang diadakan di Singapura seperti WTA (Final Asosiasi Tenis Putri) Singapura dan Singapura Rugby 7s yang telah dilengkapi dengan komponen gaya hidup yang memberikan pengalaman berbeda. Pengalaman konsumen terpadu tersebut menarik bagi pengunjung asing dan penduduk lokal, dan juga menghasilkan peluang bisnis untuk ekonomi lokal. Industri yang mendukung untuk memberikan sejumlah penawaran gaya hidup yang berkontribusi terhadap daya tarik Singapura sebagai pilihan tujuan wisata.

2. Apakah perkembangan teknologi mengubah pasar Singapura menjadi salah satu destinasi tujuan wisatawan?


Ya, atraksi kami sudah menggunakan kemajuan teknologi dalam penawaran produk kami. Sebagai contoh, atraksi yang terbaru seperti MOSH !, fasilitas edutainment media digital pertama di Singapura yang menampilkan teknologi multimedia yang memberikan pengalaman bermain untuk belajar yang unik dan memungkinkan pengunjung untuk menciptakan dunia imajinasi mereka sendiri dalam lingkungan virtual. Selain itu, galeri seni digital permanen Future World, ArtScience Museum di Marina Bay Sands dan Story of The Forest di National Museum of Singapore juga membawa instalasi seni digital ke kehidupan melalui kemajuan sains dan teknologi.

STB juga bertujuan untuk memanfaatkan teknologi secara lebih efektif dalam tiga bidang utama yaitu untuk memperdalam wawasan pengunjung mengenai kebutuhan pengunjung melalui analisis data, memberikan pengalaman berkualitas, dan menghubungkan bisnis untuk berbagi dan pertukaran konten yang lebih efisien dan efektif. Inisiatif ini mencakup pusat informasi dan layanan Pariwisata/Tourism information and services hub (TIH), sebuah platform digital yang menyediakan penyimpanan informasi real-time (seperti acara, promosi dan jam buka) dan layanan perjalanan (seperti navigasi yang disempurnakan, perencana perjalanan), di mana industri dapat dengan mudah berkontribusi dan mengakses untuk digunakan pada saluran masing-masing (diharapkan akan beroperasi pada akhir tahun ini) dan Stan (Tourism information and services hub/jaringan analisis pariwisata Singapura), sebuah platform analisis data yang akan memanfaatkan data terkait pariwisata kolektif yang dikumpulkan dari STB dan Industri untuk membangun kecerdasan yang lebih baik di sekitar pengunjung kami yang akan mendorong hasil yang dapat ditindaklanjuti.

Hotel kami juga mengadopsi teknologi untuk lebih melayani pelanggan dan meningkatkan produktivitas mereka. M Social Singapore, sebuah hotel yang dirancang oleh Philippe Starck telah meluncurkan layanan pelayan robot pertama dengan menggunakan robot untuk mengirimkan botol air, handuk segar, peralatan mandi dan layanan kamar ke kamar. Banyak hotel yang berpartisipasi sekarang dilengkapi dengan smartphone praktis yang menyediakan data mobile, akses ke layanan hotel, chat pramutamu dan akses ke konten tujuan dan layanan yang mudah digunakan untuk melibatkan pengunjung dengan cara yang inovatif.

STB juga telah melibatkan pemangku stakeholder pariwisata kami untuk lebih memahami tantangan mereka dan bila sesuai, untuk mendukung melalui mekanisme pendanaan dan inisiatif kolaboratif yang relevan untuk mengidentifikasi dan menguji teknologi yang sesuai, dengan tujuan untuk mendorong adopsi teknologi jangka panjang.

3. Kendala apa yang dihadapi STB dalam mempromosikan wisata di Singapura?

Beberapa kendala yang kita hadapi:


• Kelangkaan lahan menempatkan merupakan kendala pada ekspansi dan mengenalkan tempat-tempat wisata baru yang intensif. Atraksi yang sudah ada juga harus terus berinovasi, diperbaharui kembali untuk mengembangkan konten yang menarik dan memberikan pengalaman baru dan unik.

• Kendala dalam tenaga kerja untuk mendukung industri jasa mendorong kita untuk terus mencari cara baru untuk mengadopsi teknologi dan penggunaan sumber daya yang lebih efisien untuk meningkatkan produktivitas tanpa mempengaruhi standar pada saat sampai ke pengunjung kami.

• Lanskap pariwisata yang semakin kompleks dan kebutuhan konsumen telah mendorong kita untuk berevolusi dengan cara kita memasarkan untuk mengatasi tantangan seperti wisatawan yang semakin cerdas, persaingan yang meningkat, dan persepsi Singapura tidak memiliki cukup banyak hal untuk dilakukan dan dieksplorasi. Kami terus mengejar Quality Tourism untuk menarik perpaduan pengunjung yang tepat untuk meningkatkan penerimaan pariwisata dan membangun permintaan dari segmen pelanggan yang berbeda. Terlepas dari pengunjung liburan umum, kami memfokuskan upaya untuk menarik perusahaan untuk menyelenggarakan program Rapat & Insentif mereka di Singapura, meningkatkan upaya untuk mempromosikan liburan pelayaran yang berlayar keluar dari Singapura dan memperkuat kalender acara kami yang semarak untuk menarik pengunjung berulang.


4. Apa sebenarnya olahraga favorit Anda? Apakah Anda tertarik untuk mempromosikannya?

Saya suka bermain dan menonton sepak bola. Saya menyarankan kepada pecinta sepak bola di Indonesia untuk segera membeli tiket pada bulan Juli mendatang ke turnamen sepak bola musim panas utama dunia, International Champions Cup (ICC) yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Nasional Singapura. Ini adalah pertandingan sepak bola yang tidak boleh dilewatkan yang menampilkan Chelsea FC, FC Bayern dan FC Internazionale dalam turnamen tiga pertandingan round-robin. Pertandingan tersebut akan menandai kali pertama tim papan atas Eropa bermain satu sama lain di Singapura.

Berlari adalah olahraga favorit saya yang lain. Saya juga menyarankan agar orang-orang Indonesia tidak melewatkan STAR WARS RUN Singapore 2017. Yang akan diadakan di Singapura untuk pertama kalinya pada tanggal 6 Mei 2017 lari malam menyusuri kawasan Marina Bay yang indah akan menawan hati para pelari amatir dan profesional serta penggemar Star Wars dengan pengalaman menyenangkan, bertema seputar cerita dan karakter tak terlupakan dari merek ini. Saya bingung apakah akan bergabung dengan tim Light atau Dark, dan berpikir keras untuk mengenakan kostum bertema Star Wars walaupun saya mungkin tidak cukup muat dan membuat saya pingsan (hanya bercanda, saya masih bisa berlari 5km dengan waktu 26 menit di usia 50).
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4169 seconds (0.1#10.140)