Tujuh Faktor Penentu Real Madrid vs Atletico

Selasa, 02 Mei 2017 - 17:23 WIB
Tujuh Faktor Penentu Real Madrid vs Atletico
Tujuh Faktor Penentu Real Madrid vs Atletico
A A A
MADRID - Duel panas akan tersaji di Santiago Bernabeu saat Real Madrid menjamu Atletico Madrid pada leg pertama semifinal Liga Champions 2016/2017, Selasa (2/5/2017) atau Rabu (3/5/2017) dini hari WIB.

Madrid dalam posisi diuntungkan pada laga bertajuk El Derbi madrileno itu, lantaran Atletico mengalami krisis pemain belakang setelah dua bek kunci Atletico Jose Gimenez dan Juanfran Torres mengalami cedera.

Apalagi, Pasukan Diego Simeone punya catatan buruk melawan Madrid di kompetisi Eropa. Atletico menelan tiga kekalahan beruntun, yakni menyerah di final Liga Champions 2014 dan 2016, serta perempat final 2015. Berikut tujuh faktor yang akan menjadi penentu langkah tim ke final di Cardiff.

Dominasi serangan full-back Real Madrid

Bek kiri Atletico Filipe Luis Kasmirski mungkin salah satu pemain belakang terbaik, tapi Madrid punya duet terbaik di sisi ini, Marcelo dan Dani Carvajal yang sudah mencatat 21 assist musim ini, bandingkan dengan Luis yang baru mengemas tujuh. Tambahan pula, bek kanan Atletico, Juanfran dan Sime Vrsaljko tak bisa tampil, dan Jose Gimenez absen di leg pertama.

Jan Oblak lebih percaya diri ketimbang Navas

Statistik menggambarkan perbedaan besar antara dua penjaga gawang, Keylor Navas kebobolan 1,28 gol per laga dan Jan Oblak hanya kebobolan rata-rata 0,61. Salah satu penampilan terhebat Oblak dengan kostum Atletico terjadi pada perempat final 2014/2015, di mana Oblak kebobolan setelah 177 menit.

Barisan belakang Madrid mudah ditembus

Sebaliknya, Real Madrid hampir setiap pertandingan selalu kebobolan. Hanya 10 kali cleansheet dari 53 laga musim ini di bawah Zinedine Zidane. Sedangkan Los Colchoneros membukukan rekor 39 pertandingan tak kebobolan di semua kompetisi.

Madrid jago duel udara

Pasukan Diego Simeone memiliki skuat yang jago dalam situasi set-piece, tapi Madrid mumpuni dalam duel udara. Ada Cristiano Ronaldo, Sergio Ramos, Karim Benzema, dan Raphael Varane.

Siapa pengganti Gareth Bale?

Zidane tidak bisa mengandalkan trio BBC (Bale-Benzema-Cristiano Ronaldo) di lini depan karena Bale cedera. Isco yang diistirahatkan melawan Valencia, favorit menggantikan Bale sebagai starter. Tapi, Asensio adalah satu lagi pilihan bagus untuk menjalin kemitraan dengan Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema di depan Los Blancos. Casemiro, Toni Kroos, dan Luka Modric dijamin akan memulai di lini tengah dan akan melawan Gabi, Koke dan Saul.

Permainan Casemiro yang berbahaya

Pelatih Atletico Diego Simeone waspada, bahwa Casemiro dapat membahayakan timnya dalam permainan. Tapil, kartu kuning untuk Casemiro akan mengubah gaya permainannya dan tim secara keseluruhan. Itu terjadi baru-baru ini saat melawan Bayern Muenchen dan lagi di El Clasico melawan Barcelona. Pemain tengah itu terlibat dalam sejumlah situasi berbahaya yang berisiko dikartu merah sejak dini dalam permainan. Jika Atletico berhasil mengusir gelandang Madrid, mereka akan mendapatkan banyak keuntungan.

Kondisi Carrasco

Pemain internasional Belgia itu mengalami cedera bahu melawan Villarreal, namun kemungkinan akan absen melawan Madrid. Kehadirannya di starting XI akan menghadirkan masalah lain bagi Madrid, seperti yang mereka temukan di final di Milan musim lalu. Kondisinya akan menjadi kunci peluang Atletico
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8239 seconds (0.1#10.140)
pixels