Perbaiki Performa, Persiba Geber Latihan di Bulan Ramadan

Minggu, 28 Mei 2017 - 22:20 WIB
Perbaiki Performa, Persiba Geber Latihan di Bulan Ramadan
Perbaiki Performa, Persiba Geber Latihan di Bulan Ramadan
A A A
BANTUL - Setelah libur sepekan, Persiba Bantul kembali menggeber latihan di Lapangan Wirokerten Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai Senin (29/5/2017). Pekan pertama, latihan ditekankan pada conditioning setelah lama tidak beraktivitas.

"Setelah pekan pertama lebih ke conditioning, pekan berikutnya pada taktik, strategi, hingga (melaksanakan program) uji coba di pekan kedua sampai dengan keempat," ujar Pelatih Kepala Persiba Bantul Purwanto Suwondo.

Pembenahan harus terus dilakukan Persiba guna keluar dari keterpurukan yang menempatkan tim berjuluk Laskar Sultan Agung itu berada di dasar klasemen sementara Grup 4 Liga 2 2017.

Puwanto belum dapat memastikan siapa lawan yang akan dihadapi dalam uji coba. Namun, berdasarkan program, Laskar Sultan Agung akan melaksanakan dua kali uji coba melawan tim lokal, baik tim Liga 3 maupun tim selevel.

"Sebenarnya kualitas pemain yang ada di Persiba sekarang bagus semua, tidak ada yang jauh berbeda. Cuma kendala jam terbang, pengalaman bertanding, dan mental bertanding pemain yang belum siap untuk mengikuti kompetisi seberat ini," jelasnya.

Eks Pelatih PSBI Blitar ini berharap dengan memanfaatkan jeda kompetisi sekitar 40 hari, skuat dapat meningkatkan performa. Disinggung terkait rencana manajemen yang ingin mencari pemain penyerang dan stopper sebagai amunisi tambahan seusai putaran pertama berakhir, mendapat tanggapan positif darinya.

Pria yang beberapa waktu lalu menyelesaikan pelatihan lisensi B AFC ini menyebutkan kriteria pemain yang akan direkrut nantinya, minimal merupakan seorang leader atau pemimpin yang dapat membimbing pemain muda terlebih di lini belakang. Selain itu, memiliki kemampuan penyelesaian akhir yang bagus di lini depan.

"Kalau yang sekarang, masih belum cukup. Karena leader itu didapat dari pengalaman dan jam terbang pemain yang sudah merasakan kondisi kompetisi di Liga (2 minimal). Alhamdulilah (juga tidak begitu terkendala dengan mundurnya gelandang Hasnul Rifan), hilang satu tumbuh seribu," kata dia.

Terkait dengan penentuan nasib ke depannya di Persiba Bantul, pria asal Lampung ini siap menanggung dan bertanggungjawab akan konsekuensi yang dilakukan selama melatih tim yang pernah menjadi Juara Divisi Utama musim 2010 itu.

Pada Minggu (28/5/2017), Manajemen Persiba melakukan rapat evaluasi tim secara menyeluruh, yang tidak hanya meliputi pemain namun juga kinerja tim pelatih. Perihal apa saja yang diputuskan, belum dapat diungkapkan oleh Manajer Persiba Bantul Endro Sulastomo. Namun diakui oleh pria yang juga merupakan anggota DPRD Bantul ini, sejumlah masukan dari berbagai pihak telah diterima dan dibahas oleh pihaknya. Termasuk nantinya menindaklanjuti rencana penambahan pemain penyerang dan stopper.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6143 seconds (0.1#10.140)