Hasil Reli Italia dan Klasemen Sementara Pembalap WRC 2017

Senin, 12 Juni 2017 - 00:07 WIB
Hasil Reli Italia dan Klasemen Sementara Pembalap WRC 2017
Hasil Reli Italia dan Klasemen Sementara Pembalap WRC 2017
A A A
SARDINIA - Persaingan di pacuan juara Reli Dunia (WRC) 2017 makin sengit. Karena usai WRC Italia di lintasan gravel nan berdebu Pulau Sardinia, Minggu (11/6) malam WIB, muncul penantang baru.

Ya, penantang baru itu adalah Ott Tanak. Pereli tim M-Sport itu berhasil merebut kemenangan WRC perdananya di Reli Italia 2017. Di Reli Polandia 2016, Tanak nyaris menjadi juara sebelum mengalami masalah bocor ban. Sementara di Reli Portugal tahun ini, ia mengalami kecelakaan, juga dari posisi pertama.
Ott Tanak (M-Sport Ford) saat melibas Power Stage WRC Italia 2017 di Sardinia. (Foto-Michelin)
Pereli berusia 29 tahun itu mewarisi pimpinan Reli Italia setelah pereli Hyundai, Hayden Paddon, mengalami kecelakaan pada Sabtu (10/6) sore. Tanak asal Estonia, mengakhiri hari Sabtu dengan jarak keunggulan 24 detik di depan Jari-Matti Latvala (Toyota Gazoo), dan berhasil mempertahankan kepimpinannya pada hari terakhir.

Latvala meraih hasil podium untuk yang kali pertama sejak seri kedua musim 2017 di Swedia. Melengkapi podium di urutan ketiga adalah Thierry Neuville yang memperkuat tim Hyundai dan terpaut lebih dari satu menit di belakang Tanak.

Sementara pereli Finlandia, Esapekka Lappi dari tim Toyota Gazoo, tampil impresif setelah berhasil memenangi Power Stage meski baru melakoni dua reli di kelas WRC. Persaingan di pacuan juara WRC 2017 pun makin sengit dengan munculnya Tanak sebagai pemenang seri ketujuh musim ini. Karena ia menjadi pereli keenam berbeda yang finis terdepan.

Berkat kemenangan di WRC Italia 2017, Tanak naik ke urutan tiga klasemen sementara dengan 108 poin. Sedangkan rekan setimnya, Sebastien Ogier, masih teratas dengan 141 poin. Thierry Neuville menguntit dari posisi kedua dengan 123 poin. Sedangkan Jari-Matti Latvala berada di peringkat empat (107 poin).

“Ini merupakan akhir pekan yang sulit, tapi paruh pertama musim ini berlangsung bagus. Mobil baru dan rekan setim yang kuat, telah membuat saya tampil lebih cepat. Saya berharap ini adalah kemenangan awal dari banyak lagi. Saya akan merayakan ini bersama istri dan putra saya, karena saya amat merindukan mereka,” tutur Ott Tanak pasca lomba WRC Italia 2017 di Sardinia seperti dalam siaran langsung beIN Sport.

Adapun setelah beristirahat tiga pekan. WRC 2017 akan meneruskan lomba pada seri ke-8 musim ini, yakni dalam Reli Polandia, di lintasan gravel Mikolajki, Warmia-Masuria, 30 Juni hingga 2 Juli.

Klasemen sementara pembalap WRC 2017 usai Reli Italia di Sardinia
Klasemen sementara pembalap WRC 2017 hingga Reli Italia di Sardinia. (Foto-WRC)

Klasemen sementara pabrikan WRC 2017 usai Reli Italia di Sardinia
Klasemen sementara pabrikan WRC 2017 hingga Reli Italia di Sardinia. (Foto-WRC)
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2789 seconds (0.1#10.140)