Race 1 WSBK Misano 2017 Diwarnai Pertarungan Dramatis

Minggu, 18 Juni 2017 - 00:01 WIB
Race 1 WSBK Misano 2017 Diwarnai Pertarungan Dramatis
Race 1 WSBK Misano 2017 Diwarnai Pertarungan Dramatis
A A A
MISANO - Seperti diprediksi sebelumnya. Jalannya Race 1 WSBK San Marino 2017 di sirkuit Misano, Sabtu (17/6) malam WIB berakhir dramatis. Tom Sykes (Kawasaki) keluar sebagai juara usai Chaz Davies (Aruba.it Ducati) dan Jonathan Rea (Kawasaki) terlibat insiden kecelakaan pada lap terakhir.

Ya, setidaknya ada tiga drama dalam balapan sebanyak 21 lap ini. Selepas start, Michael van der Mark (Yamaha) mengambil alih posisi pertama dari juara dunia bertahan Rea. Davies di posisi ketiga dan pole-sitter Tom Sykes turun di posisi keempat.

Satu lap berikutnya, Van der Mark mulai membuat jarak 0,248 detik atas para rivalnya. Perebutan podium pun terjadi antara Rea, Davies, Sykes dan Marco Melandri (Aruba.it Ducati).

Davies lantas naik ke posisi kedua setelah menyalip Rea, sementara Melandri mengungguli Sykes untuk posisi keempat. Meski masih lap-lap awal, tapi pada saat ini Van der Mark tampak sudah nyaman memimpin di depan.

Pembalap Belanda itu bahkan telah unggul 1,141 detik atas Davies dan Rea pada lap 13. Namun, terjadi drama yang tak diduga. Van der Mark terjatuh di tikungan 13 jelang memasuki lap 15.

Pimpinan balapan pun berpindah ke tangan Rea, yang sebelumnya menyalip Davies pada lap 11. Akan tetapi, pembalap Kawasaki itu mendapat perlawanan sengit dari rivalnya.

Pada tiga lap terakhir, Davies menyalip Rea. Terjadi senggolan di antara kedua pembalap, ketika ban belakang motor Ducati yang dikendarai Davies mengenai Rea. Momen ini dimanfaatkan Melandri yang menyalip dan memaksa Rea turun di posisi ketiga.

Dua lap terakhir, Rea mampu mengungguli Melandri dan mendekati Davies. Kedua pembalap lagi-lagi berduel ketat hingga lap terakhir. Di sinilah terjadi drama lagi. Melandri terjatuh di tikungan 4 saat berusaha mempertahankan posisi ketiga.

Belum cukup sampai di situ. Davies kehilangan grip bagian depan dan terjatuh pada tiga tikungan terakhir. Rea yang berada di belakangnya tak dapat menghindar, dan ia pun ikut terjatuh.

Sykes akhirnya keluar sebagai pemenang Race 1 WSBK Misano 2017. Ini merupakan kemenangan kedua pada musim 2017. Sebelumnya ia menang di Donington Park, Inggris. Alex Lowes (Yamaha) finis kedua dan Rea rupanya berhasil melanjutkan balapan untuk melengkapi podium.

Jordi Torres finis keempat, di depan Xavi Fores dan Eugene Laverty. Posisi finis ketujuh ditempati Randy Krummenacher. Roman Ramos finis kedelapan, diikuti Lorenzo Savadori dan Raffaele De Rosa.

Pembalap Honda, Stefan Bradl, tidak masuk daftar finis karena dilanda masalah teknis di awal balapan. Hingga berita ini ditulis, Davies yang dibawa ke rumah sakit di Rimini disebut menderita retak di salah satu ruas tulang belakang.

Adapun untuk Race 2 WSBK San Marino 2017 di sirkuit Misano, akan berlangsung pada Minggu (18/6/2017) petang WIB, dengan kemungkinan Chaz Davies absen.

Berikut hasil Race 1 WSBK San Marino 2017 di sirkuit Misano, Sabtu (17/6/2017):
Hasil Race 1 WSBK Misano 2017. (Foto-crash.net)
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6693 seconds (0.1#10.140)