Jelang WRC Reli Finlandia 2017: Juara Dunia Bertahan Kecelakaan

Rabu, 26 Juli 2017 - 20:00 WIB
Jelang WRC Reli Finlandia 2017: Juara Dunia Bertahan Kecelakaan
Jelang WRC Reli Finlandia 2017: Juara Dunia Bertahan Kecelakaan
A A A
JYVASKYLA - Dengan sisa lima seri di Kejuaraan Mobil Reli Dunia (WRC) 2017, Sebastien Ogier berusaha keras untuk tidak tergeser dari posisi teratas klasemen sementara pembalap. Namun jelang WRC Reli Finlandia, ia dirundung sial.

Ya, uji coba pra-event WRC Reli Finlandia 2017 berakhir lebih awal buat Ogier. Pasalnya pembalap tim M-Sport itu mengalami kecelakaan.

Dalam pengujian yang berlangsung pada pekan lalu itu. Mobil Ford Fiesta WRC yang digeber Ogier menabrak batu pada tikungan di tahapan terakhir.

Uniknya, batu tersebut merupakan batu yang sebelumnya ia serempet pada sesi sebelumnya. Batu itu rupanya bergeser dari pinggir ke tengah lintasan.

Ogier yang sedang melibas tikungan dengan gigi enam, tak bisa menghindar dari batu tersebut. Setelah menabrak batu itu, mobil Ford Fiesta WRC yang ia pacu mengalami kerusakan patah suspensi dan mengirimnya keluar lintasan dan menyerempet pohon.

Untungnya juara dunia WRC empat musim belakangan itu tidak terluka dalam kecelakaan tersebut. Tapi tidak beruntung bagi dua pembalap M-Sport lainnya, Elfyn Evans dan Teemu Suninen.

Karena mobil yang dikemudikan Ogier rusak parah dan tidak dapat diperbaiki pada waktunya. Mobil itu sendiri semestinya juga digunakan oleh Elfyn dan Suninen untuk menjajal lintasan WRC Reli Finlandia 2017 pada akhir pekan lalu.

Atas sebab itu, Elfyn dan Suninen akan memulai WRC Reli Finlandia 2017 yang akan dimulai pada Kamis (27/7) hingga Minggu (30/7) ini tanpa tes pra-event. Sedangkan rekan setim Ogier lainnya, Ott Tanak, telah lebih dulu menjajal Ford Fiesta WRC di sana.
Sebastien Ogier (kiri) sedang bercengkrama dengan mekanik tim M-Sport dalam tes pra-event WRC Reli Finlandia 2017. (Foto-WRC)
“Tak ada yang bisa saya lakukan untuk menghindari kecelakaan ini. Di sana ada sebuah batu besar tepat pada jalur balap di jalur keluar tikungan panjang dengan gigi enam,” beber Ogier seperti dilaporkan situs resmi WRC.

“Saya minta maaf untuk rekan setim saya yang tak bisa melanjutkan pengujian ini, karena kemampuan mobil terasa fantastis. Saya sudah tidak sabar untuk segera berlomba di Finlandia, di mana kami berharap untuk mengamankan hasil oke untuk mempertahankan posisi di puncak klasemen,” imbuhnya.

Bagi Ogier, ia berharap kesialannya pada tes pra-event tidak berlanjut hingga lomba yang sebenarnya akhir pekan ini. Karena WRC Reli Finlandia bukanlah ajang yang bersahabat dengannya.

Seperti diketahui, usai merebut kemenangan pertamanya di sana pada 2013 di atas Volkswagen. Ogier kalah dari Jari-Matti Latvala, rekan setimnya di tim VW dua musim berikutnya. Tahun lalu, Ogier finis ketiga di sana.

Pada WRC Reli Dunia 2017, Ogier masih memimpin klasemen sementara dengan 160 poin. Dengan sisa 5 seri pada musim ini termasuk Finlandia, pembalap 33 tahun itu mendapat saingan berat dari Thierry Neuville (Hyundai Motorsport) yang berada di peringkat kedua dengan 149 poin.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7691 seconds (0.1#10.140)