PB POSSI Siapkan Atlet Selam Hadapi Kejuaraan Internasional

Minggu, 30 Juli 2017 - 21:30 WIB
PB POSSI Siapkan Atlet Selam Hadapi Kejuaraan Internasional
PB POSSI Siapkan Atlet Selam Hadapi Kejuaraan Internasional
A A A
MANADO - Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PB POSSI) terus mempersiapkan atlet selam di Tanah Air untuk menghadapi PON 2020 dan kejuaraan internasional.

Ketua Umum PB POSSI (Purn) Mayjen Marinir Buyung Lalana mengatakan, suksesnya Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Selam Manado 2017 menjadi cambuk bagi PB POSSI untuk mencari atlet selam.

Buyung yang juga bakal maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat ini mengatakan, PB POSSI baru saja mengirimkan tim atlet fin swimming ke Rusia untuk mengikuti kejuaraan internasional.

"Kita baru saja kirim tim pada kejuaraan kelas dunia fin swiming ke Rusia. Itu akan membawa nama Indonesia dan berdoa agar lagu Indonesia Raya berkumandang di sana," kata Buyung usai menutup Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Selam Nasional 2017 di kawasan Pantai Megamas, Manado, Minggu (30/7/2017).

Selain mempersiapkan atlet selam untuk PON 2020, PB POSSI juga sedang mencari atlet free dive dan hoki. Dua nomor tersebut dipersiapkan untuk eksebisi dalam lomba tingkat nasional yang bakal dilakukan dalam waktu dekat.

"Kami sedang mempersiapkan atlet dua nomor tersebut. Dua nomor itu untuk kegiatan dalam waktu dekat," ujar dia.

Dia menyebutkan, olahraga selam harus tumbuh dan berkembang. Karena, olahraga selam merupakan kegiatan yang banyak bermanfaat.

Ketua Pelaksana Kejurnas Selam Manado 2017 Tonny Rawung mengatakan, Kejurnas POSSI dan Fin Swimming ini diikuti 11 provinsi dan 20 kabupaten/kota di Indonesia.

Keberhasilan atlet dalam Kejurnas Selam Manado 2017 ini dikuasai Sulawesi Utara, dengan perolehan 6 emas, 7 perak, 4 perunggu. Kemudian, Sulawesi Selatan dengan perolehan 2 emas, 5 Perak dan 5 perunggu.

Peringkat ketiga, DKI Jakarta 2 emas, 1 perat. Sementara, Jawa Barat berada diposisi ke 7 dengan perolehan 1 emas, 1 perak, 1 perunggu.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi berharap Manado dapat menjadi tuan rumah kejuaraan selam tingkat internasional.

“Selain melepas GTPN dan membuka Gala Desa, pada hari ini kita juga membuka Kejurnas Selam Manado Open 2017. Ini merupakan kejurnas selam yang ketiga kalinya. Semoga akan ada kejuaraan dunia selam yang bisa dilaksanakan tempat ini,” tuturnya.
(kas)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6599 seconds (0.1#10.140)