Kontingen SEA Games Indonesia Ikrarkan Pakta Integritas

Rabu, 02 Agustus 2017 - 15:14 WIB
Kontingen SEA Games Indonesia Ikrarkan Pakta Integritas
Kontingen SEA Games Indonesia Ikrarkan Pakta Integritas
A A A
JAKARTA - Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2017 Malaysia mengikrarkan Pakta Integritas di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (2/8/2017) siang. Penandatanganan itu dilakukan Chef de Mission (CdM), Aziz Syamsuddin dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir.

Koordinator tim Indonesia SEA Games 2017, Helen Sarita mengatakan, penandatanganan Pakta Integritas bertujuan agar CdM dan para atlet punya komitmen tinggi mengibarkan Merah Putih di Negeri Jiran. "Fakta Integritas untuk mempertebal nasionalisme dengan target menempati posisi empat besar dan meraih 61 medali emas," ungkap Helen.

Kontingen Indonesia ke SEA Games 2017 diikuti 250 atlet dan 55 orang official. Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir.

Lebih lanjut, Erick mengatakan bahwa pihaknya telah menyelesaikan kekurangan dana sebesar Rp6 miliar untuk operasional kontingen selama mengikuti SEA Games ke-XXIX di Kuala Lumpur, Malaysia. Kepastian pencairan dana, kata Erick, adalah langkah positif untuk menjamin kegiatan kontingen Indonesia selama gelaran multi-event tersebut.

"Saya dari KOI dan Kemenpora dan Satlak Prima tadi malam berhasil mengonsolidasikan masalah kepastian anggaran. Berkat dukungan dari DPR dan KONI, kepastian ini menjadi hal positif karena kita juga tidak mau atlet kita terlunta-lunta," kata Thohir.

Menurut keterangan Aziz Syamsuddin, jumlah kontingen yang diberangkatkan sebanyak 857 orang, 534 di antaranya adalah atlet. Indonesia sendiri menargetkan membawa pulang 55 medali emas sekaligus finis lebih baik dari SEA Games ke-XXVIII di Singapura. Pada saat itu Indonesia finis di posisi kelima.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5854 seconds (0.1#10.140)