Citroen Pertimbangkan Legenda Reli Dunia WRC Turun Gunung

Kamis, 03 Agustus 2017 - 03:00 WIB
Citroen Pertimbangkan Legenda Reli Dunia WRC Turun Gunung
Citroen Pertimbangkan Legenda Reli Dunia WRC Turun Gunung
A A A
PARIS - Setelah kabar akan menggelar tes privat selama satu hari di atas mobil reli C3 pada Agustus 2017. Tim pabrikan Citroen mengaku tidak menutup kemungkinan kembalinya legenda reli Sebastien Loeb ke Kejuaraan Reli Dunia (WRC) 2018.

Namun prinsipal tim Citroen, Yves Matton, membantah jika Loeb bisa menjalani sisa musim WRC 2017. Tapi, dengan persiapan yang cukup, dirinya siap membuka pintu kepada juara dunia WRC sembilan kali itu untuk bertarung mulai musim depan walau usianya sudah 43 tahun.

"Untuk musim 2017, tidak mungkin, karena kami juga tidak punya mobil untuk dia (Loeb). Tidak ada kursi yang tersedia, jadi tidak ada cara untuk menurunkan dia tahun ini,” ujar Matton kepada Motorsport.com.

"Selain itu, saya juga berpikir bahwa itu bukan ide yang bagus, menurunkannya tanpa persiapan matang. Kita tahu bahwa tingkat persaingan WRC saat ini cukup tinggi, dan dengan mobil seperti ini, Anda harus terlebih dahulu memiliki jarak tempuh yang tinggi pula,” imbuhnya.

Perlu diketahui dari kabar sebelumnya. Citroen memang berencana menggelar tes privat di lintasan aspal untuk mobil reli mereka, C3 WRC, dengan memanggil kembali Loeb. Pengujian ini bakal digelar pada Agustus 2017 dengan tanggal yang belum disebutkan.

Media massa di Eropa pun langsung mengaitkan performa tim Citroen yang tak pernah juara WRC lagi sejak 2012. Pemanggilan Loeb buat menjajal mobil reli mereka, akan ditujukan mencari kelemahan yang masih ada pada C3 untuk diperbaiki.

Tapi kini, isu berikutnya yang muncul malah Citroen berkenan memakai jasa Loeb lagi di lintasan WRC. "Jika suatu saat nanti itu (kembalinya Loeb) bisa terjadi, maka persiapannya harus benar-benar matang,” tutur Matton.

"Untuk musim 2018, itu masih jauh, saya belum tahu apa-apa. Saya tidak bisa bilang 'tidak', karena memang jawabannya bukan 'tidak'. Tapi saya juga tidak bisa bilang 'ya', karena jawabannya juga bukan 'ya'," kata Matton menjelaskan.

"Saya paham ada daya tarik tinggi untuk membawanya kembali, tapi seperti yang saya sudah katakan, persiapannya harus dilakukan secara benar," tukasnya.

Loeb, yang terakhir kali berpartisipasi di WRC pada Reli Monte Carlo 2015, mengaku rindu dengan dunia reli. Setelah pensiun dari musim penuh WRC pada 2012, Loeb pernah membalap di tim Citroen WTCC pada 2014 hingga 2015, sebelum bergabung ke Peugeot untuk fokus pada WRX dan reli lintas negara.

Berdirinya PSA Motorsport – yang mencakup tiga pabrikan mobil: Peugeot, Citroen, dan DS, memungkinkan Loeb, yang kini terikat kontrak dengan Peugeot, untuk mengemudikan mobil Citroen WRC 2017.

Dan Loeb dalam komentarnya seakan menyiratkan bahwa ia siap kembali ke WRC. "Saya tidak sabar untuk bisa kembali ke dalam mobil WRC dan melihat seberapa besar perubahan yang terjadi di ajang tersebut.”

“Saya masih menggemari dunia reli. Dari semua ajang motorsport yang pernah saya coba sejak pensiun (dari WRC) lima tahun yang lalu, reli masih menjadi ajang yang paling saya cintai," tutup Loeb.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6293 seconds (0.1#10.140)