Nigeria Permalukan Juara Afrika 2017 Kamerun 4-0

Sabtu, 02 September 2017 - 02:31 WIB
Nigeria Permalukan Juara Afrika 2017 Kamerun 4-0
Nigeria Permalukan Juara Afrika 2017 Kamerun 4-0
A A A
UYO - Nigeria berhasil meraih poin penuh saat menghadapi juara Piala Afrika 2017, Kamerun di Stadion Internasional Godswill Akpabio, Uyo. Kemenangan 4 gol tanpa balas semakin mendekatkan Nigeria ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Saat ini Nigeria memimpin Grup B dengan 9 poin setelah menang dalam tiga pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Afrika. Di posisi kedua adalah Kamerun dengan 2 poin. Zambia dan Aljazair yang masing-masing memiliki 1 poin akan menjalani laga ketiga di Lusaka, Zambia, Sabtu (2/9/2017).

Bermain di kandang sendiri, Nigeria tampil impresif dan dominan. Super Eagles membuka kemenangan di menit 29 melalui Odion Ighalo setelah mendapatkan umpat dari kapten tim, John Mikel Obi. Tepat sebelum babak pertama berakhir, giliran Mikel Obi yang menggandakan keunggulan menjadi 2-0.

Meski unggul di babak pertama, Nigeria tak mengendurkan permainannya. Melalui tukar umpan antarpemain, tim asuhan pelatih Samson Siasia ini terus membangun serangan. Gol ketiga akhirnya tercipta di menit ke-55 melalui kaki Victor Moses memanfaatkan umpan ciamik dari Moses Simon.

Pemain Kamerun yang telah kehilangan percaya diri terus mendapat gempuran dari skuat Nigeria. Hingga akhirnya, Kelechi Iheanacho menyempurnakan keunggulan Super Eagles menjadi 4-0 ketika waktu tersisa 14 menit.

Sementara itu, Ghana gagal mendapat 3 poin setelah hanya bermain imbang dengan Kongo 1-1 di Stadion Baba Yara, Kumasi, Ghana. Meski mendominasi sejak awal pertandingan, The Black Stars malah kebobolan terlebih dahulu di menit 18. Bek Ghana, Joseph Attamah melakukan kesalahan sehingga bolanya bisa direbut oleh pemain Kongo, Fabrice Ondama. Bola tersebut kemudian diumpan ke Thievy Bifouma dan dikonversi menjadi gol.

Butuh waktu sampai lima menit bagi Ghana untuk menyamakan kedudukan. Melalui tembakan siku rendah yang dilesakan Thomar Partney, jala gawang Kongo akhirnya bergetar. Tendangan keras dari luar kota penalti tak dapat diantisipasi oleh kiper Kongo, Barel Mouko, sehingga akhirnya kedudukan sama kuat 1-1.

Hasil ini menyebabkan Ghana berada di posisi ketiga di Grup E dengan hanya dua poin dari tiga pertandingan, sementara itu merupakan titik awal kampanye Kongo. Uganda berada di puncak klasemen dengan tujuh poin setelah menang 1-0 atas Mesir, yang berada di urutan kedua dengan enam poin.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4930 seconds (0.1#10.140)