Preview Spanyol vs Italia: Berebut Takhta di Bernabeu

Sabtu, 02 September 2017 - 14:17 WIB
Preview Spanyol vs Italia:...
Preview Spanyol vs Italia: Berebut Takhta di Bernabeu
A A A
MADRID - Duel klasik level internasional akan terhampar di Stadion Santiago Bernabeu, saat Spanyol menjamu Italia, pada kualfikasi Piala Dunia 2018 Grup G Zona Eropa, Sabtu (2/9/2017) atau Minggu (3/9/2017) pukul 01.45 WIB.

Spanyol dan Italia memiliki poin sama, 16 dalam enam laga. Namun, Tim Matador bertengger di puncak karena unggul selisih gol. Kedua tim belum terkalahkan sepanjang kualfikasi Grup G, dengan mencatat lima kemenangan dan satu kali imbang.

Laga nanti tak hanya mempertaruhkan gengsi dua kutub sepak bola dunia, juga peluang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Sebab, hanya juara grup yang mendapat tiket otomatis ke Rusia. Jadi, bisa saja Spanyol atau Italia yang gagal terbang ke Rusia, meski di peringkat 2 terbaik akan melakukan play-off.

"Kami tidak bisa memprediksi masa depan, tapi menyadari pentingnya laga nanti. Yang pasti, kemenangan belum meloloskan kami," kata bos Spanyol Julen Lopetegui.

"Setelah pertandingan ini, kami memiliki tiga laga lagi yang harus kami mainkan dan harus dimenangkan. Tapi, tujuan sekarang adalah mengalahkan tim besar Italia," imbunya.

Lopetegui tidak terkalahkan dalam 10 pertandingan sebagai bos La Furia Roja -julukan timnas Spanyol-, sejak menggantikan Vicente del Bosque. Namun, Spanyol hanya mampu mengalahkan Italia satu kali dari open play dalam 11 laga kompetitif. Pada pertemuan pertama kualfikasi Grup G Piala Dunia 2018 di Italia, kedua tim bermain 1-1.

Sementara catatan Marca, kedua negara punya catatan yang mengesankan di kualifikasi Piala Dunia. La Furia Roja selalu tampil di Piala Dunia sejak 1974. Spanyol menjadi tim menakutkan di babak kualifikasi yang mencatat reakor tanpa kalah dalam 69 pertandingan terakhir mereka.

Setelah dikalahkan Denmark di Kopenhagen pada 31 Maret 1993, Spanyol mencatat 24,5 tahun tanpa kalah pada tahap kualifikasi dengan memetik 56 kemenangan dan 13 imbang di kualifikasi Piala Dunia.

Italia juga menorehkan ekor impresif, dengan menorehkan 56 pertandingan tanpa kalah pada kualifikasi Piala Dunia dan Piala Eropa setelah terakhir kali menyerah 0-1 dari Prancis pada September 2006.

Spanyol berpeluang meraup tiga poin lantaran skuat dalam situasi kondusif, tak ada pemain cedera. Sedangkan Italia kehilangan bek tangguh Giorgio Chiellini yang mengalami cedera engkel.

"Pertandingan pertama tidak ada hubungannya dengan apa yang akan terjadi pada laga kedua. Kami telah bekerja keras selama setahun untuk merekonstruksi tim dan kami telah berubah," tegas kiper Italia Gialnluigi Buffon.

"Kami telah melihat hal yang berbeda dalam setahun terakhir dalam pelatihan, kami harap perbedaan itu akan memberi kami hasil yang bagus di laga nanti."

Perkiraan pemain

Spanyol (4-3-3): David de Gea; Dani Carvajal, Gerard Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Isco, Sergio Busquets, Andres Iniesta; Pedro Rodriguez, Alvaro Morata, David Silva
Pelatih: Julen Lopetegui

Italia (4-4-2): Gianluigi Buffon; Andrea Conti, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Matteo Darmian; Antonio Candreva, Marco Verratti, Daniele De Rossi, Lorenzo Insigne; Andrea Belotti, Ciro Immobile
Pelatih: Gian Piero Ventura

Lima pertemuan terakhir
06/10/2016 Kualifikasi Piala Dunia Italia vs Spanyol 1-1
27/06/2016 Piala Eropa Italia vs Spanyol 2-0
24/03/2016 Persahabatan Italia vs Spanyol 1-1
05/03/2014 Persahabatan Spanyol vs Italia 1-0
27/06/2013 Piala Konfederasi Spanyol vs Italia 0-0
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6475 seconds (0.1#10.140)