Republik Ceko Wajib Menang di Kandang Irlandia Utara

Senin, 04 September 2017 - 14:27 WIB
Republik Ceko Wajib...
Republik Ceko Wajib Menang di Kandang Irlandia Utara
A A A
BELFAST - Republik Ceko membawa misi cukup berat saat melawat ke Irlandia Utara untuk menjalani laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa, Selasa (5/9/2017). Tim asuhan Karel Jarolim harus memetik poin penuh jika ingin mimpinya mengikuti Piala Dunia di Rusia terus terpelihara.

Sementara tugas Irlandia Utara bermain di hadapan publik sendiri cukup enteng. Tim asuhan Michael O'Neill hanya butuh satu poin lagi atau bermain imbang melawan Republik Ceko untuk mengklaim posisi runner up Grup C di bawah Jerman agar bisa bermain di babak play off Piala Dunia 2018.

Dalam catatan 5 pertemuan terakhir keduanya, Republik Ceko hanya mampu dua kali memenangi pertandingan melawan Irlandia Utara, sedang sisanya berakhir dengan skor seri. Ini tentu akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Irlandia Utara jika mereka tidak melakukan kesalahan saat menghadapi tim tamu nanti.

Yang perlu diwaspadai adalah Republik Ceko tidak akan tampil biasa-biasa saja di Windsor Park karena pertandingan ini merupakan hidup mati bagi tim berjuluk Kereta Cepat ini. Ceko wajib menang jika ingin jalan menuju Piala Dunia 2018 tetap terbuka.

Manajer Republik Ceko Karel Jarolim yang telah tiba di Belfast dan ditanya mengenai kemungkinan timnya akan menabrak gunung es di kota di mana Kapal Titanic dibuat satu abad lalu. "Saya harap tidak, ini bisa terjadi tapi saya harap besok tidak akan terjadi. Tidak ada waktu untuk berbuat kesalahan dan kita harus menang tapi. Kami akan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan tiga poin dan memberi kesempatan kepada diri sendiri," kata Karel Jarolim saat ditanya jurnalis di Belfast seperti dilansir Daily Mail, Senin (4/9/2017).

Republik Ceko adalah finalis Piala Eropa 1996 dan mencapai empat besar di kompetisi yang sama pada 2012 bersama Pavel Nedved, Petr Cech, dan Tomas Rosicky. Jarolim yang memimpin masa transisi tim telah menggunakan 43 pemain dalam 11 kontes dan bermain dengan beragam formasi.

"Kami sedang dalam tahap menemukan diri kami sendiri. Setelah Piala Eropa 2016 beberapa pemain menyelesaikan karir internasional mereka sehingga kami memiliki banyak pemain baru dan kami masih menemukan jalan kami. Kami memiliki generasi baru sekarang jadi kami belum menemukan tingkat optimal tapi saya harap kita berada pada jalur yang baik," katanya.

Sementara itu, pelatih Timnas Irlandia Utara, Michael O'Neill akan berusaha keras agar bisa lolos ke babak Play Off Piala Dunia 2018. Karena alasan itulah, O'Neill kemungkinan akan memainkan Steven Davis dan Jonny Evans. "Kepuasan sejati saya dalam semua ini adalah untuk pemain kami, mendapatkan kesempatan untuk pergi ke Piala Dunia. Ini sangat fenomenal," katanya.

Perkiraan pemain:

Irlandia Utara : M. McGovern (GK), A. Hughes, G. McAuley, J. Evans, C. Cathcart, S. Davis, C. Evans, O. Norwood, S. Dallas, K. Lafferty, J. Ward.

Republik Ceko : P. Cech (GK), R. Hubník, T. Sivok, D. Pudil, P. Kaderábek, J. Plašil, B. Dockal, D. Pavelka, V. Darida, T. Necid, L. Krejcí.

Catatan pertemuan kedua tim:

24 Mar 2001 Irlandia Utara vs Republik Ceko 0-1 FIFA World Cup
06 Jun 2001 Republik Ceko vs Irlandia Utara 3-1 FIFA World Cup
10 Sep 2008 Irlandia Utara vs Republik Ceko 0-0 FIFA World Cup
14 Oct 2009 Republik Ceko vs Irlandia Utara 0-0 FIFA World Cup
04 Sep 2016 Republik Ceko v Irlandia Utara 0-0 FIFA World Cup
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7534 seconds (0.1#10.140)