Lima Fakta Menarik Timnas Islandia

Selasa, 10 Oktober 2017 - 22:00 WIB
Lima Fakta Menarik Timnas Islandia
Lima Fakta Menarik Timnas Islandia
A A A
REYKJAVIK - Timnas Islandia untuk kali pertama berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia. Sebagai negara kecil yang populasi penduduknya sangat sedikit, keberhasilan Islandia begitu menyedot perhatian. Berikut sejumlah fakta menarik terkait Islandia,

1. Islandia Negara Terkecil Kontestan di Kualifikasi Piala Dunia

Lima Fakta Menarik Timnas Islandia

Islandia merupakan negara terkecil sepanjang sejarah kualifikasi Piala Dunia. Menurut sejumlah sumber, Islandia adalah negara pertama yang punya populasi di bawah satu juta orang yang berhasil lolos ke piala Dunia.

Populasi Islandia hanya 334.252 orang, dengan sepertiga penduduk tinggal di ibu kota negara Reykjavik. Media di Eropa membandingkan Amerika Serikat dengan populasi 323 juta orang namun kesulitan untuk lolos ke Piala Dunia.

2. Berpengalaman di Panggung Internasional

Lima Fakta Menarik Timnas Islandia

Sebelum memastikan lolos ke Piala Dunia 2018, Islandia merupakan tim dengan pengalaman bagus di panggung internasional. Mereka melaju ke perempat final Piala Eropa 2016 setelah mengalahkan Inggris di babak 16 besar.

Islandia juga berhasil dua kali mengalahkan Belanda di babak kualifikasi. Mereka sukses melaju sebagai kuda hitam di panggung sepak bola internasional.

3. Bertahap Membangun Sukses

Lima Fakta Menarik Timnas Islandia

Islandia bukan tim yang tiba-tiba sukses meloloskan diri ke Piala Eropa dan Piala Dunia. Menurut catatan, lima tahun lalu mereka masih berada di peringkat 131 dunia di tabel FIFA.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Federasi Sepak Bola Islandia memilih berinvestasi di bidang kepelatihan. Federasi setempat membuat program sekolah pelatih dengan biaya murah untuk mengenyam pendidikan di luar negeri, di negara-negara dengan tradisi sepak bola yang kuat.

Dalam lima tahun terakhir, Islandia telah memiliki 300 pelatih yang telah mengantongi lisensi A dan B. Federasi Sepak Bola Islandia juga bekerja sama dengan pemerintah untuk membangun stadion beratap yang memungkinkan pemain untuk tampil di musim dingin.

Saat ini, Islandia memiliki 11 stadion beratap dan sekitar 100 lapangan sepak bola yang memungkinkan pemain muda untuk mengasah bakat mereka. Pada 2014, Islandia masuk dalam jajaran 25 negara teratas di dunia sepak bola.

4. Pelatih Islandia Bekerja sebagai Dokter Gigi

Lima Fakta Menarik Timnas Islandia

Heimir Hallgrimsson merupakan pelatih yang membawa Timnas Islandia lolos ke Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018. Namun, siapa sangka, pria 50 tahun merupakan seorang dokter gigi yang bekerja secara paruh-waktu.

Pada tahun 2011, Hallgrimsson masuk ke Timnas Islandia sebagai asisten pelatih asing asal Swedia, Lars Legerback. Setelah mengantogi lisensi A, Hallgrimsson, menjadi pelatih utama sambil bekerja sebagai dokter gigi.

5. Skuat Timnas Tanpa Diperkuat Pemain Liga Elit Eropa

Lima Fakta Menarik Timnas Islandia

Saat menyaksikan tim Eropa di Piala Dunia, mereka biasanya diperkuat bakat-bakat dari empat liga teratas; Liga Inggris, La Liga, Serie A, dan Bundesliga. Namun, tidak demikian halnya dengan Timnas Islandia.

Dari 23 pemain yang diboyong Hallgrimsson untuk kualifikasi Piala Dunia 2018, hanya tiga pemain yang tampil di liga profesional. Mereka adalah kapten Aron Gunnarsson (main di klub divisi dua Liga Inggris), Birkir Saevarsson (Liga Swedia), dan Gylfi Sigurdsson (Everton/Liga Inggris).

Menurut sejumlah sumber, di luar ketiga pemain tersebut Skuat Islandia dihuni pemain yang kesehariannya bekerja sebagai guru, sopir truk dan tukang kebun. (Baca juga: Sebelum Islandia, Ini Negara Kecil yang Pernah Tampil di Piala Dunia )

(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5180 seconds (0.1#10.140)