Drama Tikungan Pertama Valencia

Minggu, 12 November 2017 - 16:05 WIB
Drama Tikungan Pertama Valencia
Drama Tikungan Pertama Valencia
A A A
VALENCIA - Sesuai tradisi, kejuaraan dunia MotoGP akan berakhir di Grand Prix Valencia, Minggu (12/11/2017). Pemilihan Sirkuit Ricardo Tormo sebagai arena terakhir balapan motor bergengsi bukan tanpa alasan, sebab Asosiasi Tim Balap MotoGP (IRTA) pernah memberikan penghargaan pada 2005 sebagai grand prix terbaik.

Sirkuit balap yang didesain dengan berlawanan arah jarum jam ini memiliki 14 tikungan. Dengan rincian, sembilan kiri dan lima kanan. Dari beberapa statistik menyebut jika pembalap MotoGP menggunakan rem dengan total 27 detik selama satu putaran penuh

Dengan kata lain, trek ini sangat membutuhkan teknik dan skill dari pembalap itu sendiri. Bagian pengereman yang paling menantang adalah tikungan pertama yang dikenal dengan nama Jorge "Aspar" Martinez.

Mantan juara dunia empat kali itu dikenal sebagai pembalap yang berani mengambil risiko. Sebab dia hanya membutuhkan waktu empat detik untuk menurunkan kecepatannya dari 243 menjadi 136 km/jam saat menghadapi tikungan pertama tersebut.

Karena itulah tikungan pertama di Sirkuit Ricardo Tormo sangat familiar dengan nama Martinez. Tapi tahukah Anda tikungan pertama selepas start ini pernah mengusir empat pembalap top dunia?

Peristiwa itu terjadi pada 2011 lalu. Kronologis kejadiannya saat sirkus di kelas utama MotoGP menggeber kecepatan motornya selepas start. Saat mereka tengah asyik mempertontonkan kebolehannya, tiba-tiba para pembalap dihadapkan dengan tikungan pertama.

Kecelakaan beruntun pun tak terhindarkan. Empat pembalap yakni Alvaro Bautista, Valentino Rossi, Randy de Puniet dan Nicky Hayden terjatuh. Alhasil, hanya ada 12 pembalap yang melanjutkan balapan setelah empat joki tersebut mundur.

Drama tikungan pertama inilah yang paling banyak menyita perhatian penikmat kuda besi di seluruh dunia. Pasalnya, penentuan gelar juara dunia MotoGP akan ditentukan di lintasan sepanjang 4 km ini.

Hanya ada dua pembalap yang masih menjaga peluangnya yakni Marc Marquez (282 poin) dan Andrea Dovizioso (261 poin). Tentunya jutaan pasang mata akan menunggu keangkeran tikungan pertama selepas start.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9437 seconds (0.1#10.140)