Timnas Indonesia U-16 Kursus Bahasa Jepang

Sabtu, 03 Maret 2018 - 14:50 WIB
Timnas Indonesia U-16 Kursus Bahasa Jepang
Timnas Indonesia U-16 Kursus Bahasa Jepang
A A A
JAKARTA - Timnas Indonesia U-16 akan megikuti Turnamen Jenesys yang berlangsung 8-12 Maret 2018 mendatang. Jelang turnamen tersebut, Garuda Asia, diberi pelatihan kebudayaan dan bahasa Jepang.

Dikutip laman resmi PSSI, materi kebudayaan dan bahasa Jepang menjadi penting karena Garuda Asia tidak hanya bertanding selama turnamen. Namun, Garuda Asia akan berkeliling ke beberapa tempat untuk mengenal budaya Jepang.

Selain Indonesia dan Jepang sebagai tuan rumah, acara ini dihadiri oleh negara seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapore, Timor Leste, Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand serta Vietnam.

Untuk memberikan pembekalan budaya dan bahasa Jepang, PSSI menggandeng tiga pengajar langsung dari Jepang. Mereka adalah Akira Takayama, Satoshi Hachiya dan Toshiya Takano, dibantu pengajar bahasa Jepang dari Indonesia Meivy Pangerapan.

Awalnya, para pemain Timnas U-16 diajarkan hal-hal sederhana, seperti aisatsu (salam), jikoshokai (perkenalan diri), Ojigi (budaya membungkuk).

"Bahasa Jepang punya tingkat kesulitan tinggi dibanding dari semua bahasa di dunia. Saya terkejut dengan daya tangkap anak-anak ini dalam menerima pelajaran yang diberikan," kata Meivy.

"Mereka semua tampak menikmati dan sangat kooperatif selama mengikuti pelajaran yang kami berikan. Hari ini kami mengajarkan perkenalan, salam sapa dan juga bahasa Jepang kepada mereka," tambahnya lagi.

Para pemain yang mengikuti kegiatan ini semuanya memberikan kesan yang menyenangkan. Pemain baru Muhammad Rais asal Ternate bahkan menikmati pemberian materi yang disampaikan.

"Senang bisa belajar bahasa lain selain bahasa daerah saya sendiri. Pelajaran tadi seru. Kami dibuat kelompok dan suruh meniru gerakan serta omongan pengajar, Bagi saya bahasa Jepang itu menarik," ujarnya.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3803 seconds (0.1#10.140)