Antonio Cairoli Siap Ramaikan MXGP Semarang

Rabu, 21 Maret 2018 - 03:00 WIB
Antonio Cairoli Siap Ramaikan MXGP Semarang
Antonio Cairoli Siap Ramaikan MXGP Semarang
A A A
SEMARANG - Sebanyak 12 tim motocros kelas dunia dipastikan meramaikan ajang internasional Motorcross Grand Prix (MXGP) 2018 yang digelar di Sirkuit Mijen Kota Semarang 7 dan 8 Juli mendatang.

Event paling bergensi di dunia motocros ini juga akan dihadiri oleh Juara dunia sembilan kali, Antonio ‘Tony’ Cairoli. Antonio tidak hanya datang untuk melihat namun, pria kelahiran Italia itu juga akan bertanding dalam event tersebut.

Kehadiran crosser dari tim KTM yang musim lalu menjadi runner up di klasemen akhir ini dipastikan bakal mampu menyedot perahatian masyarakat tidak hanya di Indonesia namun juga Dunia. Perwakilan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Judiarto mengatakan, 12 tim sudah menyatakan siap untuk bertarung dalam ajang paling berkelas di dunia Motocross tersebut.

Tidak main-main, Kata Judiarto, setiap pembalap yang ikut serta dalam kejuaraan ini merupakan crosser top dunia yang bahkan nilai kontrak mereka per tahun mencapai Rp 20 Miliar lebih. Ia yakin, dengan datangnya para cross kelas wahid dunia, bakal mendatangkan lebih dari 100 ribu penonton untuk menyaksikan ajang tersebut.

"MXGP ini merupakan event balap motocross paling elit di dunia berada di bawah Federasi Internasional Motorcycling Federation atau organisasi internasional di bidang balap sepeda motor," ujarnya saat beraudiensi dengan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, Selasa (20/3/2018).

Dia menyebutkan, dalam ajang tersebut nantinya, setiap timnya akan menerjunkan 4 sampai 5 pembalap yang terjun dalam dua kelas yakni MX 1 dan MX 2. Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengaku, menyambut gembira event tersebut. Menurut dia dengan diadakannya event berkelas dunia, Kota Semarang akan semakin dikenal masyarakat Dunia.

Walikota mengatakan, dengan menjadi tuan rumah ajang balap motor kelas dunia, Kota Semarang akan berupaya penuh memberikan kesan yang baik agar tetap diingat para tamu dari ajang tersebut. Kesiapan mulai dari lahan yang akan digunakan sebagai sirkuit hingga penginapan saat ini sudah dicarikan, mengingat ivent ini akan didatangi lebih dari seratus ribu orang untuk menyaksikan ajang tersebut.

"Untuk kesiapan dari lokasi sirkuit saat ini masih sekitar 10 %, karena sedang mengerjakan pemotongan beberapa pohon dilokasi sekitar 30 hektar. Pengerjaan sirkuit ini akan dikebut dengan target penyelesaian pada bulan Mei sudah selesai," ujarnya.

Selain itu, kata dia, Pemkot juga akan menyiapkan perjalanan wisata seperti mengunjungi tempat-tempat wisata di semarang hingga di objek wisata lain seperti di Borobudur dan Candi gedung songo. Sementara terkait dana hibah kepada IMI, Hendrar Prihadi mengaku sudah menyiapkan anggarannya senilai 18 Miliar rupiah, tinggal menunggu kelengkapan adminsitrasi dari IMI selaku pengguna anggaran pelaksanaan ajang MXGP, untuk mencairkan anggaran tersebut.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5175 seconds (0.1#10.140)