Spanyol Gunakan False Nine di Piala Dunia 2018?

Rabu, 23 Mei 2018 - 05:01 WIB
Spanyol Gunakan False Nine di Piala Dunia 2018?
Spanyol Gunakan False Nine di Piala Dunia 2018?
A A A
MADRID - Timnas Spanyol sudah merilis skuat yang akan tampil untuk Piala dunia Rusia 2018. Ada 23 pemain yang dipastikan siap tempur ketika berlaga di ajang 4 tahunan tersebut. Sedangkan penyerang Chelsea Alavaro Morata tak menjadi bagian dalam skuat karena tampil buruk bersama Chelsea di Liga Inggris 2017/2018

Namun yang menarik adalah akankah Spanyol menggunakan kembali formasi false nine mengingat mereka hanya memiliki 2 striker murni di lini depan yakni Diego Costa dan Rodrigo.

Dari kedua penyerang tersebut hanya Rodrigo yang menunjukkan performa yang menjanjikan. Dia mencetak 16 gol dari 37 pertandingan Liga Spanyol dan membawa Valencia mentas di Liga Champions untuk musim depan. Sedangkan Costa hanya mampu mencetak 3 gol dari 15 pertandingan bersama Atletico Madrid.

Jika dicermati, kompososi pemain Spanyol saat ini mirip dengan timnas Spanyol 2012. Spanyol di kala itu memiliki nama-nama beken di lini depan. Torres, Negredo dan Llorente merupakan stiker papan atas dunia.

Uniknya pelatih Vicente Del Boosque saat itu tak memilih mereka menjadi starting line up ketika final Piala Eropa 2012 melawan Italia. Dia menurunkan gelandang Fabregas untuk mengisi peran 'penyerang semu'.

Di laga itu Spanyol berhasil menang 4-0 sebab merubah taktikal permainan mereka yang tidak diduga oleh Italia. Formasi dengan sebutan False Nine pun mencuat dan populer di kala itu.

False nine merupakan suatu peran bukanlan sebuah posisi. Peran tersebut bisa diisi oleh pemain manapun. Jadi sebenarnya Costa pun akan bisa memerankan peran ini ketika tampil di Rusia mendatang. Peran ini justru memiliki tanggung jawab yang lebih besar jika dibandingkan dengan penyerang. Pasalnya dia harus lihai dalam memecah konsentrasi lawan.

False nine jika diartikan maka akan menjadi si sembilan yang salah. Biasanya kostum no 9 identik degan nomor punggung penyerang. Namun Si nomor 9 ini adalah palsu yang seolah-olah bermain sebagi peyerang tengah tetapi peregrakannya justru mundur ke belakang.

Hal itu membuat pemain bertahan belakang lawan kebingungan untuk menjaga pergerakannya. Jika dipersempit dalam artian singkat maka false nine berarti bergerak ke arah yang 'salah'. Dia diberi keleluasaan untu melakukan pergerakan ke belakang, namun juga dapat bergerak ke sisi kanan ataupun kiri untuk membuyarkan konsentrasi lawan.

Berikut formasi False Nine Spanyol di Rusia 2018 seperti dilansir Marca.
Spanyol Gunakan False Nine di Piala Dunia 2018?
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3272 seconds (0.1#10.140)