Rossi: Di Atas Kertas Kami Kuat di Assen

Sabtu, 30 Juni 2018 - 15:14 WIB
Rossi: Di Atas Kertas...
Rossi: Di Atas Kertas Kami Kuat di Assen
A A A
ASSEN - Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi tercepat keempat di Sirkuit Assen, Belanda, dalam latihan bebas pertama, Jumat (29/6/2018). Meski menilai hasil tersebut cukup positif untuk modal lomba MotoGP, Minggu (2/6/2018), namun Rossi menilai pemilihan ban belakang menjadi faktor krusial.

Rossi merasa tangguh setelah latihan hari pertama yang solid. Pembalap asal Italia itu mencatat lap terbaiknya 1 menit 33.779 detik meninggalkannya rekan setimnya Maverick Vinales. Dia puas dengan kecepatan lomba dan lap kualifikasi pada M1, meskipun masih mencari perkembangan dalam stabilitas pengereman pada latihan bebas ketiga dan keempat, Sabtu (30/6/2018) ini.

“Hari pertama cukup positif karena saya kompetitif di pagi hari dan juga di sore hari. Di pagi hari saya memasang ban baru dan saya finis ketiga, jadi itu berarti bahwa posisi saya mungkin belum sesungguhnya. Tapi, pada sore hari semua orang memakai ban belakang yang lembut kecuali (Marc) Marquez, dan saya selesai di empat besar," kata Rossi dilansir Crash.

Sirkuit Assen bersahabat bagi Rossi. Pembalap berusia 39 tahun memenangi lomba di Assen pertama kali pada 2002. Sejak itu, dia selalu naik podium tertinggi. Tercatat, Rossi menjadi juara delapan kali, termasuk tahun lalu (2002, 2004, 2005, 2007, 2009, 2013, 2015, 2017).

“Perasaan saya dengan tunggangan ini bagus dan juga ban. Masih dapat memacu, dan dengan opsi yang berbeda, akan dapat memiliki kecepatan yang baik untuk lebih banyak lap, jadi ini bagus. Di atas kertas kami kuat di Assen tetapi sampai Anda meninggalkan trek, hal itu belum terjadi. Tapi, untuk awalnya sangat baik."

"Seperti biasa, sangat penting pilihan ban karena sangat terbuka dan Anda perlu membuat pilihan yang tepat, jadi kami berharap bahwa cuaca ini terus berlanjut sepanjang akhir pekan."

“Hari ini, saya mencoba semua tiga ban belakang. Memang saya memiliki keraguan di ban depan, tetapi lebih banyak di bagian belakang; di belakang Anda bisa dengan tiga, tetapi Anda bisa ikut juga dengan yang lembut, tetapi dengan keras Anda lebih konstan dan baik sampai akhir,” imbuhnya.

"Itu sangat tergantung pada bentuk lintasan untuk balapan, terlalu dini untuk mengatakannya, tetapi bagi saya pilihannya terbuka seperti biasa."

Sejumlah rider dipaksa untuk mengubah gaya menunggang mereka untuk beradaptasi dengan ban depan Michelin, meskipun pihak perusahaan mengatakan itu adalah ban yang sama seperti tahun lalu.

Perasaan Rossi saat ini dengan depan adalah sama seperti musim lalu. “Bagi saya, pada awal tahun lalu, Michelin -atas saran dari beberapa rider- memodifikasi ban depan. Tapi bagi saya, kami pergi ke arah yang salah. bagi saya pribadi, pada awal tahun lalu ban depan tidak aman."

“Tapi setelah, dari sini (Assen) atau Mugello, kami memiliki ban depan yang sangat mirip tahun ini. Memang benar bahwa motor tahun ini berbeda dengan tahun lalu, tetapi bagi saya perasaan dengan ban depan adalah sama.”
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7476 seconds (0.1#10.140)