Babak I: Tuah Bola Mati, Inggris Ungguli Kroasia

Kamis, 12 Juli 2018 - 01:54 WIB
Babak I: Tuah Bola Mati, Inggris Ungguli Kroasia
Babak I: Tuah Bola Mati, Inggris Ungguli Kroasia
A A A
MOSCOW - Timnas Inggris di atas angin untuk melangkah ke final Piala Dunia 2018. Pasukan Gareth Southgate sementara unggul 1-0 pada babak pertama semifinal melawan Kroasia di Luzhniki Stadium, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB.

Gol tercipta dari situasi bola mati di menit kelima. Bermula Luka Modric yang menjatuhkan Dele Alli di luar kotak penalti gawang Danijel Subasic. Kieran Trippier yang mengeksekusi sepakan sukses mengonversi menjadi gol, lewat tembakan terarah ke pojok kanan gawang.

Catatan Opta, Kieran Trippier merupakan pemain Inggris kedua yang mencetak gol dari tendangan bebas langsung di Piala Dunia (sejak 1966), mengikuti jejak maestro tendangan bebas David Beckham yang melakukannya di dua Piala Dunia 1998 dan 2006.

Gol itu juga menegaskan Inggris jawara mencetak gol dalam situasi bola mati. The Three Lions mengemas sembilan dari 12 gol mereka sejauh ini dari bola mati termasuk penalti. Terbanyak dibanding tim manapun di satu edisi Piala Dunia sejak 1966.

Catatan BBC, Kroasia menguasai bola hingga 54% berbanding 46% milik Inggris. Ada satu tembakan tepat ke gawang yang dilepaskan pemain Kroasai, namun tidak berbuah gol. Sedangkan tembakan melenceng sebanyak enam kali.

Di kubu Inggris, juga hanya satu tembakan tepat ke gawang, dan berbuah gol. Sedangkan tembakan melenceng empat percobaan.

Inggris dan Kroasia belum pernah bertemu di Piala Dunia, dan hanya sekali bertemu di turnamen internasional, ketika Inggris mengalahkan mereka 4-2 di Piala Eropa 2004. Total, kedua tim bermain tujuh kali dalam laga uji coba, dengan Inggris mencatat empat kemenangan, dan Kroasia dua. Pertemuan pertama mereka, pada tahun 1996, berakhir dengan hasil imbang tanpa gol.

Susunan pemain
Kroasia (4-2-3-1): Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic; Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic; Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Perisic; Mario Mandzukic
Pelatih: Zlatko Dalic

Inggris (3-5-2): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Dele, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Ashley Young; Raheem Sterling, Harry Kane.
Pelatih: Gareth Southgate
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6065 seconds (0.1#10.140)