Inggris Menangis, Kroasia Catat Sejarah

Kamis, 12 Juli 2018 - 03:52 WIB
Inggris Menangis, Kroasia Catat Sejarah
Inggris Menangis, Kroasia Catat Sejarah
A A A
MOSCOW - Kroasia mencatat sejarah baru di Piala Dunia. Pasukan Zlatko Dalic melaju ke partai puncak Piala Dunia 2018 seusai mengalahkan Inggris 2-1 lewat babak tambahan waktu pada laga semifinal di Luzhniki Stadium, Rabu (11/7/2018) malam waktu lokal atau Kamis (12/7/2018) dini hari WIB.

Inggris sempat membuka asa setelah mencetak gol cepat di babak pertama. Kieran Trippier membuat gol Inggris di menit kelima lewat tendangan bebas langsung ke pojok kanan gawang Danijel Subasic. Tak ada lagi gol tercipta setelah itu.

Namun, Kroasai bangkit di babak kedua. Luka Modric dkk, tampil lebih menekan dengan serangan sporadis. Puncaknya, Ivan Perisic berhasil menyamakan kedudukan setelah sukses mengoyak gawang Jordan Pickford pada menit ke-68.

Tak ada gol tercipta hingga laga dilanjutkan lewat babak tambahan waktu. Di 15 menit pertama, Inggris dan Korasia tak mampu mencetak gol, dan di 15 menit kedua Kroasai mampu memecah kebuntuan.

Striker Juventus Mario Mandzukic berhasil membuat Kroasia unggul. Bermula sundulan Ivan Perisic ke kotak penalti yang dituntaskan Mandzukic dengan baik pada menit ke-109.

Kroasai mencatat sejarah baru dengan lolos ke final. Prestasi terbaik mereka adalah semifinal pada debut mereka tahun 1998. Mereka kalah dari tuan rumah Prancis, dan akhirnya Les Bleus juara. Kini Kroasia akan menghadapi Prancis di final Piala Dunia 2018, 15 Juli nanti.

Catatan BBC, Kroasia menguasai bola hingga 55% berbanding 45% milik Inggris. Ada 22 tembakan yang dilepaskan pemain Kroasia, tujuh tepat ke gawang, dan dua berbuah gol. Tercatat ada, dua kali tembakan pemain Kroasia membentur tiang. Sedangkan Inggris melepaskan 11 tembakan ke dan dua tepat ke gawang.


Susunan pemain

Kroasia (4-2-3-1): Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic (Josip Pivanic 95); Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic; Ante Rebic, Luka Modric (Milan Badelj 119), Ivan Perisic; Mario Mandzukic Vedran Corluka 115)
Pelatih: Zlatko Dalic

Inggris (3-5-2): Jordan Pickford; Kyle Walker (JAmie Vardy), John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Dele, Jordan Henderson (Eric Dier 97), Jesse Lingard, Ashley Young 9Danny rose 91); Raheem Sterling (Marcus Rashford 74), Harry Kane
Pelatih: Gareth Southgate
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9433 seconds (0.1#10.140)
pixels