Demi Juara Grup, Pelatih Pertahankan Komposisi Tim Merah Putih

Senin, 20 Agustus 2018 - 11:42 WIB
Demi Juara Grup, Pelatih...
Demi Juara Grup, Pelatih Pertahankan Komposisi Tim Merah Putih
A A A
JAKARTA - Indonesia hanya memiliki dua pilihan dalam penentuan klasemen akhir Grup A. Pertama, menjadi juara grup dengan syarat mengalahkan Hong Kong. Atau, peringkat 3 terbaik jika imbang atau mungkin kalah di laga terakhir penyisihan Grup A.

Indonesia sekarang menempati peringkat 3 klasemen sementara dengan enam pertandingan dari tiga laga yang dijalani. Poin sempurna didulang berkat kemenangan atas Taiwan dan Laos. Sementara melawan Palestina, Indonesia menyerah 1-2. Indonesia berjarak dua poin dari Taiwan yang memiliki nilai delapan di puncak klasemen dan satu angka dibandingkan Hong Kong (7).

Situasi ini membuat Indonesia hampir mustahil menempati posisi runner-up klasemen. Sebab, jika menang atas Hong Kong, Indonesia akan melonjak ke peringkat pertama dengan nilai 9. Palestina turun ke peringkat 2 dan Hong Kong ke peringkat 3 terbaik.

Sementara jika imbang atau kalah, skuad Merah Putih hanya akan berada di peringkat 3 terbaik. Indonesia hanya mendapatkan 7 poin, sedangkan Hong Kong naik ke puncak klasemen menggusur Palestina karena unggul agregat gol.

”Tadi Luis Milla menggelar sesi latihan yang gunanya untuk mengantisipasi kekuatan lawan,” kata Bima Sakti, kepada wartawan setelah latihan kemarin pagi. Masalahnya, posisi perebutan peringkat 3 terbaik juga belum sepenuhnya aman. Jika dihitung di klasemen tiga terbaik, Indonesia baru memiliki tiga angka. Alasannya, Grup A memiliki lima tim, sedangkan grup lain hanya dihuni empat tim. Sesuai regulasi maka poin hanya dihitung dari tiga pertandingan yang dijalani.

Sementara satu pertandingan Indonesia melawan tim peringkat terbawah klasemen Grup A, yaitu Laos atau Taiwan tidak dihitung. Alasan ini yang membuat Indonesia baru memiliki tiga poin dari dua laga yang dijalani.

“Milla menyampaikan pemain harus mengantisipasi di lini tengah dan menjaga daerah itu lebih rapat. Pemain mereka juga tinggi-tinggi. Mereka banyak bermain di tengah, bermain ke striker mereka. Apalagi, striker mereka juga sangat bagus. Pokoknya kami semua harus rapat,” tandas Bima.

Nah, jika menjadi juara grup, Indonesia akan bertemu runnerup Grup C Suriah. Sementara jika menempati peringkat 3 terbaik, lawan yang dihadapi adalah pemuncak klasemen Grup C China. Indonesia sendiri sudah pernah bertemu Suriah di laga uji coba. Saat itu, Hansamu Yama dkk menyerah 2-3. Bima memberi isyarat jika Milla kemungkinan tidak akan mengubah komposisi tim saat mengalahkan Laos dan Taiwan.

“Laga melawan Hong Kong penting buat kami. Kalau menang, kami akan juara grup. Mudah-mudahan lolos ke babak berikutnya,” ujar mantan pemain timnas Indonesia itu.

Pada saat melawan Laos, Milla memasang Andritany Ardhiyasa di posisi penjaga gawang. Empat bek dihuni Hansamu, Ricky Fajrin, Putu Gede, dan Rezaldi Hehanussa. Sementara gelandang jangkar menjadi milik Zulfiandi dan Evan Dimas. Febri Hariyadi dan Saddil R amdani mengisi sayap kiri dan kanan. Stefano Lilipaly berada di belakang Alberto Goncalves.

“Kami punya motivasi sendiri, apalagi lawan Hong Kong harga mati. Kalau kami kalah atau seri, sulit buat lolos. Pokoknya, kami harus bisa menang agar juara (grup),” tutur Zulfiandi.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9131 seconds (0.1#10.140)