Hadapi Piala Asia, Tim Nasional Indonesia U-16 Mulai Berbenah

Kamis, 30 Agustus 2018 - 10:04 WIB
Hadapi Piala Asia, Tim Nasional Indonesia U-16 Mulai Berbenah
Hadapi Piala Asia, Tim Nasional Indonesia U-16 Mulai Berbenah
A A A
JAKARTA - Tim nasional Indonesia serius menyambut Piala Asia U-16 yang digelar di Malaysia mulai 20 September sampai 7 Oktober mendatang.

Turnamen ini akan digelar di tiga stadion yang berada di dua kota. Memastikan gelar Piala AFF U-16 2018, David Maulana dkk hanya diberi waktu istirahat dua pekan. Setelah itu mereka menggelar pemusatan latihan di Stadion Teladan, Medan, sejak Kamis (23/8).

Kemarin mereka sudah terbang ke Malaysia. “Mohon doanya, hari ini kami berangkat ke Malaysia,” kata Pelatih Timnas U-16 Fachri Husaini. Ada 24 pemain yang ikut terbang ke Malaysia untuk pemusatan latihan tahap kedua.

Rinciannya, 19 pemain adalah materi lama yang memperkuat timnas pada Piala AFF, 4 lainnya merupakan muka baru hasil pantauan di beberapa tempat, termasuk Festival Sepak Bola Filosofi Indonesia (Filanesia) Elite Pro Academy yang diselenggarakan PSSI.

Lima nama tersebut adalah Ahmad Farensyah, I Komang Dedi Nova, I Kadek Silva Yoga, Subhan Fazri, dan Fatah Aji yang sebenarnya anggota lama tapi tak disertakan saat tampil pada Piala AFF.

Kehadiran mereka digunakan untuk menggantikan pemain lama yang meninggalkan tim; Yadi Mulyadi, Fajar Fathur Rahman, Kartika Vedhayanto, dan Dandi Maulana Hakim.

Menurut Fackhri, kehadiran pemain baru tersebut diharapkan menutupi lubang yang ditinggalkan pemain sebelumnya. Apalagi, dari awal, timnya memiliki target untuk bisa menembus semifinal.

“Target kami gak berubah. Kami akan berjuang semaksimal mungkin untuk mencapai 4 besar karena itu untuk berpartisipasi di Piala Dunia U-17,” ujarnya. Target tersebut yang membuat PSSI memberangkatkan tim Garuda Asia tersebut untuk terbang lebih awal ke Malaysia.

Harapannya, para pemain bisa beradaptasi dengan baik di negeri Jiran tersebut. “Kami memang sengaja lebih cepat membawa mereka ke Malaysia agar bisa menyesuaikan diri dengan baik di sana,” ujar Sekjend PSSI Ratu Tisha kepada wartawan.

Di Malaysia, timnas U-16 Indonesia akan menggelar serangkaian uji coba. Menurut Tisha, sudah ada tiga uji coba yang diagendakan untuk mematangkan persiapan. Selain dua klub lokal Malaysia, lawan yang akan dihadapi adalah timnas U-16 Oman pada 12 September 2018.

Hanya, untuk tempatnya, Tisha belum bisa memastikan. Pada Piala Asia U-16 Indonesia berada di Grup C bersama Iran, Vietnam, dan India. Dari tiga negara tersebut, semuanya sudah pernah merasakan tampil pada Piala Dunia U-17.

PSSI menargetkan timnas U- 16 Indonesia masuk ke 4 besar agar bisa berlaga pada Piala Dunia U-17 yang berlangsung di Peru, Amerika Selatan. Pada perkembangan lain, PSSI dipastikan memperpanjang kontrak pelatih Tim Nasional Indonesia,

Luis Milla Aspas. Hal ini diungkapkan Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi sesuai rapat bersama anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI di Jakarta, Selasa (28/8). Milla, pelatih asal Spanyol habis kontraknya pada akhir Agustus ini.

Capaian terakhir Milla yakni membawa timnas Indonesia U-23 lolos ke babak 16 besar Asian Games 2018. Pada ajang tersebut permainan Garuda Muda sangat atraktif, layak diapresiasi dan tidak kalah dengan tim-tim yang punya tradisi kuat di sepak bola Asia.

“Dari hasil rapat Exco tadi, kami memutuskan Luis Milla tetap diberikan kepercayaan untuk melatih timnas senior. Terkhusus pada ajang Piala AFF yang akan dilaksanakan pada November mendatang.

Kami akan perpanjang kontraknya selama satu tahun ke depan,” kata Edy Rahmayadi. Edy mengaku bahwa dalam proses kepastian Luis Milla pada rapat tadi dilakukan secara demokrasi. Proses evaluasi pun dilakukan seperti keuntungan dan kerugian bersama seluruh anggota Exco.

Hasilnya, sejak dipegang Luis Milla, timnas telah memberikan kultur yang berbeda dan mengubah warna pesepakbolaan Indonesia. Dengan begitu, PSSI tahu persis ke arah mana nanti melakukan pembinaan untuk pemain sepak bola Indonesia.

“Saat ini Milla sedang pulang ke Spanyol untuk berlibur. Segera juga kami akan melakukan negosiasi terkait perpanjangan kontrak dirinya. Namun, bila dia tidak mau, kami juga telah siapkan pengganti,” tandas Edy, dikutip situs resmi PSSI.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6690 seconds (0.1#10.140)