Mark Marquez Heran Performa Yamaha Menurun

Senin, 01 Oktober 2018 - 12:19 WIB
Mark Marquez Heran Performa Yamaha Menurun
Mark Marquez Heran Performa Yamaha Menurun
A A A
CARVERA - Marc Marquez mengaku heran melihat performa Yamaha yang terus menurun selepas liburan musim panas MotoGP 2018. Pasalnya, kondisi itu sangat berbeda ketika mengawali tes pramusim dingin tahun ini. Rider Honda itu menilai kinerja motor Yamaha berjalan sangat buruk.

Bukan hanya pembalap utamanya, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, tapi pembalap Yamaha Tech 3 Johan Zarco juga mengalami penurunan.

Bukan hanya dirinya, tapi semua orang berada di Paddock Moto GP juga bertanya-tanya dengan masalah dari tim yang belum meraih kemenangan di 22 balapan terakhir tersebut.

“Jujur, ini agak aneh. Dia (Zarco) sangat cepat di balapan pertama dan tes musim dingin tahun ini. Tapi beberapa balapan terakhir, mereka tampaknya mengalami kesulitan. Dia bahkan tampaknya memiliki masalah lebih dari satu lap, seperti di kualifikasi. Padahal dia sangat kuat di sesi itu pada musim lalu,” kata Marquez dilansir speedweek.

Pada balapan terakhir di GP Aragon, tim pabrikan Yamaha tidak ada yang mampu menembus posisi lima besar. Ketika itu, Rossi hanya mampu finis kedelapan. Sedangkan Vinales berada di peringkat 10.

Bahkan, Zarco yang memulai balapan di grid 12 menyelesaikan balapan di posisi 14. Dengan hasil itu, Marquez pun mulai mengamati penurunan performa dari Yamaha tersebut.

Pembalap berusia 25 tahun ini pun sempat beberapa kali menemui para pembalap yang menggunakan mesin Yamaha YZR-M1 saat babak kualifikasi di lintasan.

Namun, dia menilai kecepatan Yamaha terlihat bagus dan memiliki akselerasi yang mum puni untuk bersaing di barisan depan, tapi itu ternyata tidak cukup untuk balapan.

“Saya mengendarai sekali di belakang Vinales di Aragon pada latihan bebas pertama. Aneh sekali, karena motornya memiliki akselerasi bagus. Dia membalap dengan baik. Tetapi, catatan waktu masih sangat kurang.

Saya perhatikan beberapa kekurangan, ada masalah dengan Yamaha, tapi saya lebih suka menyimpannya sendiri untuk menjadi pelajaran saya sendiri,” ungkap Marquez.

Dengan buruknya kinerja Yamaha, Marquez memang menjadi lebih sedikit leluasa merebut gelar juara dunia MotoGP tahun ini. Apalagi dia tengah bertengger di posisi teratas klasemen sementara dengan 246 poin atau unggul 72 angka dari pembalap Ducati Andrea Dovizioso.

Namun, The Baby Alien tetap waspada di lima balapan terakhir dengan rivalnya tersebut.

“Pekerjaan belum selesai, kita perlu fokus dan terus bekerja. Di MotoGP, apa pun bisa terjadi, kita bisa membuat kesalahan, mengalami masalah mekanis, kesalahan manusia, kondisi trek, dan cuaca. Kami harus berusaha bekerja keras dan tetap fokus pada peluang untuk memenangkan balapan,” ujar Marquez.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8423 seconds (0.1#10.140)