Crutchlow Terang-terangan Ngaku Bantu Marquez Jadi Juara

Senin, 22 Oktober 2018 - 15:21 WIB
Crutchlow Terang-terangan Ngaku Bantu Marquez Jadi Juara
Crutchlow Terang-terangan Ngaku Bantu Marquez Jadi Juara
A A A
MOTEGI - Dengan berada di grid kedua start, Cal Crutchlow sebenarnya berpeluang menjadi juara di MotoGP Jepang. Namun, pembalap Inggris itu memilih keluar dari persaingan dan memberikan kesempatan Marc Marquez menjadi juara MotoGP 2018.

Dalam lomba yang merupakan seri ke-18 MotoGP 2018 di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (21/10/2018), Crutchlow sebenarnya berada di posisi keempat saat start. Ia pun berhasil memanasi persaingan antara Andrea Dovizioso dan Marquez.

Sayangnya, setelah beberapa putaran, Crutchlow memilih menjaga jarak. Terang-terangan ia mengaku tak mau menganggu Marquez yang tak lain rekan sesama satu pabrikan, Honda.

Ternyata keputusannya Crutchlow itu tepat. Balapan tinggal menyisakan dua lap, Doviziozo akhirnya keluar dari persaingan karena terjatuh. Selanjutnya Crutchlow yang mengisi tempat kedua yang ditinggalkan Dovizioso.

"Pertama-tama, senang untuk naik podium di Jepang. Tim saya telah melakukan pekerjaan fantastis sepanjang akhir pekan, seperti yang mereka lakukan sepanjang tahun," ujar Crutchlow dikutip Motorsports, Senin (22/10/2018).

"Ini balapan di kandang Honda, kami sangat senang. Marquez finis pertama dan mengunci gelar, saya finis kedua. Secara umum ini hari yang hebat bagi kami. Selamat kepada Marc untuk memenangi gelar juara . Ia tampil luar biasa sepanjang musim.”

Awalnya, Crutchlow sempat mendahului Marquez naik menuju posisi kedua dan menantang Dovizioso di posisi teratas. Namun, posisinya kembali direbut pembalap Repsol Honda itu kala mencari celah untuk memimpin balapan.

Setelah itu, pembalap LCR Honda sedikit menjaga jarak dengan rekan satu pabrikannya, dan berusaha untuk tidak mengacaukan balapannya.

"Balapannya aneh, saya merasa baik. Masalahnya adalah saya seharusnya saya bisa memimpin sejak awal, tapi saya sedikit khawatir dengan perencanaan tenaga kami. Saya memutuskan untuk bertahan di belakang Dovi, saya mendahului Marc dan berpikir jika saya mendahului Dovi, saya bisa meninggalkan keduanya dalam pertarungan. Lalu kemudian saat saya mengincar Dovi, Marc kembali mendahului saya. Saya berpikir oke, saatnya menjaga jarak dari mereka berdua. Saya masih dekat dengan Marc, tapi saya ingin menjaga jarak sekitar setengah detik,” ungkap Crutchlow.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6554 seconds (0.1#10.140)