Rossi Belum Puas dengan Performa Yamaha

Rabu, 31 Oktober 2018 - 10:03 WIB
Rossi Belum Puas dengan Performa Yamaha
Rossi Belum Puas dengan Performa Yamaha
A A A
SEPANG - Valentino Rossi menilai Yamaha belum menunjukan perubahan yang signifikan di penghujung MotoGP 2018. Padahal, tim pabrikan asal Jepang itu telah memperlihatkan kebangkitannya saat rekannya Maverick Vinales merebut kemenangan di Sirkuit Phillip Island, akhir pekan lalu.

The Doctor memperingatkan timnya agar terus meningkatkan performa motor Yamaha YZR-M1 2018 jika ingin tetap bersaing di barisan depan pada dua balapan tersisa di Sepang, dan Valencia. Meski kecepatan motornya sudah sangat baik, namun itu dirasa belum cukup untuk mempertahankan konsistensinya.

Hal itu terlihat saat dirinya hanya mampu menyelasikan balapan di posisi keenam di Phillip Island. Padahal, dia sempat bersaing untuk mendapatkan podium. Namun pada lima lap terakhir, performanya justru semakin menurun. Meski Vinales sukses mengakhiri 25 balapan Yamaha tanpa kemenangan Yamaha, Rossi masih belum puas dengan capaian timnya tersebut.

“Ini adalah hasil yang bagus untuk Maverick (Vinales), dan juga untuk seluruh tim dan untuk Yamaha, karena itu sudah sangat lama kami tidak menang,” kata Rossi dilansir news.com.au. “Tapi bagi saya Ini adalah hasil yang mengecewakan, saya berharap untuk memperjuangkan podium,” sambungnya.

Dengan kondisi itu, Rossi mengatakan bahwa timnya lebih baik fokus dalam pengembangan motor untuk musim depan. Pasalnya, pembalap veteran asal Italia itu berharap mendapatkan motor dengan performa yang memumpuni agar bisa bersaing dengan para rivalnya seperti Honda, dan Ducati. Apalagi, Yamaha kerap kiesulitan menghadapi para pembalap Suzuki pada tahun ini.

Juara dunia MotoGP tujuh kali itu pun semakin pesimis dapat mengakhiri di posisi runner-up pada MotoGP tahun ini. Saat ini, Rossi mengumpulkan 195 poin atau berada di peringkat ketiga klasemen sementara pembalap. Dia hanya tertinggal 15 angka dari Dovizioso yang berada di peringkat kedua. Namun, keberhasilan Vinales menjadi juara justru membuatnya semakin kurang percaya diri.

“Kami harus tetap bekerja untuk tahun depan. Tapi ini merupakan suntikan kepercayaan diri yang besar untuk kami, tetapi saya tidak berpikir itu sudah banyak berubah,” ucap Rossi. “Hasil yang cukup negatif karena saya kehilangan poin di kejuaraan menghadapi Dovizioso dan juga Maverick (Vinales), yang telah mendapatkan banyak poin,” ungkapnya.

Bagi Dovizioso, keberhasilan menempati podium ketiga di Phillip Island, sudah cukup membuatnya sangat senang. Sebab, dia kini berkesempatan untuk kembali mengakhiri musim sebagai runner up seperti tahun lalu. Padahal, pembalap Italia itu sempat mengawali musim kurang menjanjikan karena performa motor Ducati yang terlambat panas.

Namun, tim pabrikan Italia itu sudah mulai menunjukan peningkatan di paruh kedua. Jadi, dia semakin yakin bisa menempati posisi kedua di klasemen akhir MotoGP tahun ini. “Ini bagus untuk saya di klasemen kejuaraan ini, karena Valentino (Rossi) selalu ada di sana,” ungkapnya.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6204 seconds (0.1#10.140)