Marc Marquez Terkena Penalti Enam Grid

Minggu, 04 November 2018 - 11:21 WIB
Marc Marquez Terkena Penalti Enam Grid
Marc Marquez Terkena Penalti Enam Grid
A A A
SEPANG - Marc Marquez dipastikan harus start dari posisi ketujuh setelah terkena penalti. Sanksi diberikan setelah juara MotoGP 2018 tersebut menganggu Andrea Iannone saat kualifikasi.

Menurut Motorsport, insiden tersebut terjadi tikungan 9 saat sesi kualifikasi di Sirkuit Sepang, Sabtu (3/11/2018). The Maniac yang tengah berburu baris depan terpaksa melambatkan motornya. Dari tayangan ulang video juga terlihat, bahwa pembalap Suzuki itu sampai mengangkat tangan sebagai bentuk kekesalan kepada Marquez.

Berdasarkan keputusan FIM MotoGP Stewards Panel, The Baby Alien dianggap bersalah lantaran melambat di racing line dan mengganggu pembalap lain. Hal ini bertentangan dengan Pasal 1.21.2 dari Regulasi Kejuaraan Dunia FIM Grand Prix.

“Pembalap harus berkendara dengan cara bertanggung jawab yang tidak menyebabkan bahaya bagi pesaing atau peserta lain, baik di trek atau di pit lane,” demikian bunyi peraturannya.

Dengan adanya penalti enam grid ini, Marquez turun ke urutan ketujuh, di belakang Danilo Petrucci. Sedangkan pole position menjadi milik Johann Zarco, dengan Valentino Rossi serta Andrea Iannone melengkapi baris depan.

Sebelumnya, Marquez juga pernah dikenai hukuman yang sama usai kualifikasi MotoGP di Austin pada April lalu. Akan tetapi, kala itu, ia dijatuhi penalti tiga grid karena melambat dan menutup racing line Maverick Vinales di tikungan 15.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0330 seconds (0.1#10.140)