Barcelona dan Atletico Madrid Bertarung Rebut Tahta

Sabtu, 24 November 2018 - 11:18 WIB
Barcelona  dan Atletico Madrid Bertarung Rebut Tahta
Barcelona dan Atletico Madrid Bertarung Rebut Tahta
A A A
MADRID - Merebut takhta puncak klasemen sementara Primera Liga menjadi misi utama Atletico Madrid saat menjamu Barcelona di Wanda Metropolitano, dini hari nanti.

Terlebih, kemenangan sekaligus mengeluarkan Los Colchoneros dari periode buruk. Rasa penasaran Atletico terhadap Barcelona memang begitu besar. Pasalnya, mereka selalu gagal mengalahkan klub Katalan itu ketika datang berkunjung sejak Februari 2010.

Saat itu Atletico yang masih bermarkas di Vicente Calderon menang 2-1. Ambisi Atletico menyudahi dominasi Barcelona terbuka lebar. Tercatat, dari 12 laga awal Primera Liga, salah satu klub ibu kota Spanyol tersebut baru menelan satu kekalahan.

Bercokol di posisi ketiga dengan 23 poin, mereka mengemas enam kemenangan dan lima imbang. Atletico juga begitu tangguh di kandang. Dari enam laga terbaru di semua kompetisi, armada Diego Simeone meraup lima kemenangan dan satu kali imbang.

Bahkan, dua hasil positif terbaru diraih secara beruntun, di mana salah satu korbannya adalah Borussia Dortmund yang dikalahkan 2-0 di Liga Champions. Tiga poin sangat penting bagi Atletico guna menjaga persaingan gelar Primera Liga musim ini.

Sebab, bukan hanya Saul Niguez yang mengintip singgasana. Sevilla dan Deportivo Alaves juga mengoleksi 23 poin atau berselisih satu poin dari Barcelona. Intinya, bila bisa memenangi laga kandang itu, Atletico akan mengudeta Lionel Messi dkk.

Karena itu, Atletico wajib memaksimalkan dukungan penuh fans di Wanda Metro politano. Hal itu diharapkan dapat memantik semangat tempur para pemain, terutama dua penyerang utama Los Rojiblancos , Antoine Griezmann dan Diego Costa.

Keduanya tengah disorot akibat panceklik gol di Primera Liga. Griezmann sejauh ini baru me nyumbangkan tiga gol. Lalu, Costa yang baru pulih dari cedera kaki, urung mencetak gol dalam 18 laga terakhir Primera Liga. Dia bahkan belum pernah membobol gawang Barcelona.

Griezmann dan Costa diharapkan kembali tajam dan membuat Atletico lebih banyak melakukan serangan sehingga beban sektor per ta hanan berkurang. Soalnya, tuan rumah dipas ti kan tidak akan diperkuat dua bek utamanya.

Juanfran harus rehat karena mengalami cedera betis saat sesi latihan, Kamis (22/11). Begitu juga dengan kapten Diego Godin akibat masalah hamstring. Sementara kondisi Koke, Thomas Lemar, Lucas Fernandez, Stefan Savic, dan Jose Gimenez masih diragukan.

Meski demikian, Simeone tetap tenang. Dia mengatakan cedera merupakan bagian yang normal bagi klub sepak bola dan selalu terjadi setiap saat. Juru taktik asal Argentina itu menegaskan Atletico memiliki kedalaman skuad yang baik sehingga siap menghadapi situasi apa pun.

“Saya optimistis itu (cedera) tidak berpengaruh banyak terhadap kami. Beberapa pemain utama kami mungkin harus absen. Tapi, kami mempunyai tim yang kuat dan saya percaya dengan kemampuan semua pemain. Saya pikir, kami bisa mengatasinya,” kata Simeone, dilansir Football-Espana .

Namun, misi balas dendam Atletico tentunya akan diantisipasi Barcelona. Sudah pasti tim tamu bertekad membawa pulang tiga poin guna mempertahankan singgasana klasemen sementara Primera Liga, sekaligus melanjutkan dominasi.

Motivasi kian besar lantaran Blaugrana men coba bangkit setelah tumbang 3-4 dari Real Betis sebelum jeda internasional. Itu menjadi kekalahan pertama Barcelona di Camp Nou di semua kompetisi sejak 2016. Untuk pertama kalinya dalam 15 tahun belakangan, mereka kebobolan empat kali.

Artinya, Pelatih Ernesto Valverde wajib membenahi lini pertahanan. Itu harus dilakukan mengingat Atletico terus mencetak gol selama lima laga berturut-turut di semua kompetisi. Pulihnya Samuel Umtiti setelah cedera lutut yang dialaminya sejak September lalu menjadi alternatif pendamping Gerard Pique.

Absennya Ivan Rakitic juga tidak perlu di khawatirkan karena Philippe Coutinho telah kembali dari gangguan hamstring . Guna menyokong Messi dan Luis Suarez di lini depan, tenaga Arturo Vidal sangat diperlukan.

Kebetulan sentuhan gelandang asal Cile itu sudah kembali setelah menyumbangkan satu gol dan satu assist saat bentrok Real Betis. Itu membuatnya yakin akan kembali mendapatkan posisi di starting line-up Barcelona untuk menghadapi Atletico.

“Saya telah kembali dari pertandingan internasional dan saya di Barca untuk bekerja keras demi membuat semua orang terkesan. Saya berada dalam kondisi bagus. Yang mencetak gol dan tampil baik di beberapa laga terakhir. Saya percaya mendapatkan tempat di tim inti. Tapi, semua keputusan ada di tangan pelatih,” ucap Vidal.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5876 seconds (0.1#10.140)