Timnas Indonesia Gagal Raih Kemenangan Hiburan

Minggu, 25 November 2018 - 20:59 WIB
Timnas Indonesia Gagal Raih Kemenangan Hiburan
Timnas Indonesia Gagal Raih Kemenangan Hiburan
A A A
JAKARTA - Upaya keras sepanjang 90 menit lebih tak juga membuat Timnas Indonesia bisa memberikan kemenangan di laga terakhir Grup B Piala AFF 2018. Alhasil, skor imbang tanpa gol harus diterima Tim Garuda saat menjamu Filipina.

Meski sudah tidak menentukan lagi, para pemain Indonesia ternyata mampu memberikan suguhan menarik dalam laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (25/11/2018). Setidaknya di awal pertandingan ancaman sudah bisa diberikan lewat tendangan pojok yang diakhiri tandukan kepala Hansamu Yamu. Sayang sundulan sang kapten masih melenceng.

Filipina pun sempat memberikan ancaman serius di menit ketiga. Namun beruntung tendangan Stephan Schrock yang memanfaatkan bola muntah akibat blok dari kiper Andritany Ardhiyasa masih melebar.

Setelah itu tekanan pemain Indonesia tak bisa terelakan. Mengoptimalkan serangan sayap melalui Riko Simanjuntak beberapa kali ancaman bisa tercipta.

Sebaliknya Filipina yang coba bermain sedikit bertahan, sempat membuat Andritany harus melakukan penyelematan di menit 27 untuk memblok tendangan keras Martin Steuble.

Di babak kedua, tempo permainan pemain Indonesia lebih meningkat. Ancaman memang bisa diperoleh meski belum bisa membobol gawang Filipina.

Sementara Filipina tak mengubah gaya permainan dengan menunggu di daerah pertahanan mereka dan baru melancarkan serangan balik. Tapi upaya dari kedua tim untuk menjebol gawang tetap tak membuahkan hasil.

Masuknya Irfan Jaya yang menggantikan Andik Virmansyah sempat memberikan harapan baru. Dan pemain Indonesia pun berhasil mengurung pertahanan Filipina.

Dengan hasil ini Filipina mengakhiri petualangan mereka di Piala AFF 2018 dengan status runner up Grup B dan akan menemani Thailand ke semifinal. Thailand sendiri di laga lainnya berhasil menutup peluang Singapura dengan kemenangan 3-0.

Buat Indonesia, kegagalan lolos ke semifinal merupakan hasil buruk keempat sepanjang gelaran pesta sepak bola Asia Tenggara ini. Sementara partai semifinal yang akan dimainkan dalam dua leg akan mempetemukan Thailand versus Vietnam serta Filipina bentrok dengan Malaysia. Laga akan dimainkan pada 1 dan 2 Desember secara home and away.

Susunan Pemain
Indonesia
Andritany Ardhiyasa, Putu Gede Juniantara, Hansamu Yama, Fachruddin Aryanto, Rizki Rezaldi Pora, Zulfiandi, Evan Dimas, Andik Vermansah, Stefano Lilipaly, Riko Simanjutak, Alberto Goncalves

Filipina
Micheal Aksel Bataican Falkesgaard, Carlos Alberto, Daisuke Sato, Martin Steuble, Alvaro Linares Silva, Manuel Ott, Stephan Schrock, John Patrick Strauss, Phil Younghusband, Jovin Hervas Bedic, Patrick Alcala Reichelt
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7354 seconds (0.1#10.140)